Kompas.com - 18/09/2022, 07:06 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jurusan kuliah tersulit mungkin dihindari para calon mahasiswa. Namun di sisi lain, meski menjadi jurusan kuliah tersulit, beberapa jurusan ini justru memiliki prospek kerja cerah dan lulusannya banyak dibutuhkan perusahaan.

Meski dianggap sebagai jurusan kuliah tersulit, namun setiap tahun banyak juga calon mahasiswa yang berminat dengan jurusan tersebut.

Lalu jurusan apa saja yang dianggap menjadi jurusan tersulit? Melansir dari laman perusahaan teknologi karier dan pendidikan, Prosple ada 12 jurusan yang masuk dalam kategori jurusan kuliah tersulit.

Mau tahu apa saja jurusan kuliah tersulit? Berikut informasinya:

12 jurusan kuliah tersulit

1. Kedokteran

Salah satu jurusan kuliah tersulit dan sudah banyak diketahui orang adalah jurusan Pendidikan Dokter.

Selain proses perkuliahan yang sulit, untuk masuk ke jurusan Pendidikan Dokter juga butuh perjuangan. Meski termasuk jurusan kuliah tersulit, namun prospek kerja jurusan Pendidikan Dokter tak usah diragukan lagi.

Karena sekarang dan di masa yang akan datang, ilmu yang diperoleh lulusan jurusan Pendidikan Dokter sangat bermanfaat untuk membantu umat manusia.

Baca juga: 6 Kampus Jurusan Pertanian dan Kehutanan Terbaik di Indonesia

2. Teknik Informatika

Satu lagi jurusan kuliah tersulit namun banyak diminati calon mahasiswa adalah Teknik Informatika.

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika juga terbuka lebar terlebih di era digital seperti sekarang.

Sehingga meski kamu memilih jurusan kuliah tersulit seperti Teknik Informatika, jangan khawatir karena setelah lulus kamu bisa berprofesi sebagai Programmer, Information Security Analyst, Data Scientist, Web Developer, Konsultan IT, dan masih banyak lagi. Gaji yang diperoleh lulusan Teknik Informatika juga cukup tinggi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.