Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Pelajar Tingkatkan Minat Belajar Bahasa Mandarin

Kompas.com - 25/07/2022, 19:05 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 300 pelajar meningkatkan minat belajar bahasa dan budaya China lewat acara International Summer Camp pada 18-22 Juli 2022 yang digelar oleh ChineseRd.

Semua pelajar itu banyak berasal dari Indonesia. Tak lupa juga ada dari Vietnam, Thailand, dan Rusia.

Baca juga: Kasus Ibu Bunuh Anak Kandung, Psikolog Unair: Perlu Kesehatan Mental

Sebelumnya peserta itu merupakan saringan dari 5.000 pelajar bahasa Mandarin yang telah mendaftar.

Founder ChineseRD, Guo Xinlin mengatakan, lewat acara ini pelajar bahasa mandarin di berbagai negara bisa merasakan luas dan dalamnya budaya China dan mengapresiasi pesona alam unik China.

Lalu bisa menjaga kepercayaan diri para peserta dalam belajar bahasa Mandari, serta senantiasa meningkatkan minat dan terus semangat belajar bahasa Mandarin untuk melangkah studi ke China.

"Selama kegiatan, para peserta telah mempelajari keunikan kota-kota di China beserta perkembangannya, memahami budaya seni teh China dan mengagumi keindahan arsitektur klasik China melalui program Summer Camp," ucap dia dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

Dia mengaku, peserta di dalam acara diajak belajar bahasa Mandarin sambil mengenal keunikan budaya China dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelajar internasional dan pecinta bahasa Mandarin untuk belajar bahasa Mandarin dan memahami budaya China.

Baca juga: IPB Luluskan Mahasiswa S3 Termuda Berusia 25 Tahun

Pada acara International Summer Camp, ada satu pembicara yang berasal dari kantor pusat ChineseRd, Chongqing University, Beijing Institute of Technology, East China Normal University dan Confucius Institute At Hanoi University.

Dia menceritakan, program ini tak lupa menceritakan tentang seni teh dan gaya arsitektur tradisional China yang merupakan bagian dari budaya China, serta menambah pengetahuan peserta mengenai perkembangan teknologi dan pemandangan kota terkini di China.

Guo Xinlin menambahkan, selama summer camp para peserta aktif berinteraksi dengan pembicara, sehingga program terlaksana secara interaktif dan menyenangkan.

Agar peserta dapat memahami dan menguasai ilmu yang dipelajari selama program berlangsung, ChineseRd juga menyiapkan kegiatan ekstrakurikuler yaitu Tiktok Challenge.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta dalam era teknologi digital agar dapat lebih menyentuh kalangan lain yang juga gemar belajar Bahasa Mandarin.

"Peserta yang mengikuti Tiktok Challenge berkesempatan memenangkan "beasiswa penuh" untuk belajar di China," jelas dia.

Baca juga: Ahli Gizi UM Surabaya: Ini Bahayanya Tidak Sarapan Pagi

Program International Summer Camp ini menganut prinsip "non-profit" yang berusaha membantu pelajar bahasa Mandarin di berbagai negara untuk menikmati pesona budaya China secara lebih dekat dan intuitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com