Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Luluskan Mahasiswa S3 Termuda Berusia 25 Tahun

Kompas.com - 16/07/2022, 09:09 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sejarah baru telah diukir oleh mahasiswi program studi (Prodi) Ilmu Pengelolaan Hutan (IPH), Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB.

Selain sidang promosinya menjadi yang pertama dilaksanakan secara offline pasca Covid-19 di Prodi IPH, dia juga promovenda termuda di Fahutan IPB.

Baca juga: Ada Residu Pestisida di Mi Instan? Begini Penjelasan Ahli Gizi Unair

Sidang Promosi Doktor (S3) tersebut merupakan penganugerahan gelar Doktor kepada Nitya Ade Santi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Ruang Sidang Sylva Fahutan.

Dalam disertasinya yang berjudul "Pengembangan Metode Pengukuran Tingkat Keparahan Kebakaran dan Regenerasi Vegetasi menggunakan Analisis Multi Waktu Langsung".

Nitya menemukan metode yang handal untuk mendeteksi kerusakan dan pertumbuhan vegetasi akibat kebakaran.

Selain itu kriteria perubahan yang terjadi akibat kebakaran hutan juga dapat ditemukan dengan menggunakan remote sensing.

"Novelty disertasi promovenda ini bermanfaat dalam kegiatan penanggulangan pasca kebakaran, kegiatan monitoring, dan juga penegakan hukum," kata Kepala Sub Direktorat Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Israr Albar seperti melansir laman IPB, Sabtu (16/7/2022).

Sebagai promotor, Prof. I Nengah Surati Jaya juga memaparkan beberapa prestasi yang diraih oleh Nitya.

Baca juga: Mengapa Burung Berkicau? Dosen IPB Ungkap Alasannya

"Nitya saat ini aktif sebagai peneliti di FORCI dan pernah bekerja sebagai tenaga ahli di Badan Informasi Geospasial (BIG) dan KLHK," ucap Prof. Nengah.

Semasa studi, lanjutnya, Nitya mendapatkan beberapa beasiswa yaitu Tanoto Foundation, Erasmus Keyaction, dan Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) sehingga masa studi Sarjana (S1) sampai S3 (Doktor) ditempunya tanpa biaya.

"Promovenda Dr. Nitya selama masa studi S3 2019-2022 mempublikasikan 8 jurnal internasional, itu yang menjadikan promovenda extremely excellent," jelas Prof Nengah.

Kebahagiaan tidak hanya dirasakan oleh keluarga promovenda yang juga hadir pada sidang promosi tersebut, tetapi juga komisi promosi, komisi luar pembimbing, serta Prodi IPH dan Fahutan.

"Atas nama Prodi IPH, mengucapkan selamat kepada Promovenda yang telah menyelesaikan sidang promosi Doktor di usia 25 tahun 3 bulan, mencetak rekor baru di Fahutan IPB University," ungkap Ketua Departemen Manajemen Hutan Fahutan IPB, Dr. Muhdin.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Prof. Noor Farikhah Haneda selaku Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB dan Dr. Muhdin yang mewakili prodi.

Promovenda dipromotori oleh Prof. I Nengah Surati Jaya dengan co-promotor Prof. M Buce Saleh dan Prof. Lailan Syaufina.

Baca juga: Profesor IPB: Tempe Jenis Makanan Baik bagi Penderita Diabetes

Pada kesempatan sidang terbuka tersebut turut pula hadir komisi luar pembimbing yang beranggotakan Dr. Nining Puspaningsih, Sekretaris Prodi Ilmu Pengelolaan Hutan IPB Dr. Israr Albar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com