Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Bahasa Inggris Bisa lewat Film, Dapatkan Kiatnya di Webinar Kompas.com x TBI

Kompas.com - 19/07/2022, 16:25 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris, salah satunya melalui sebuah film.

Menonton film berbahasa Inggris merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris khususnya dalam aspek kemampuan berbicara (speaking), mendengarkan (listening) serta dapat meningkatkan imajinasi dalam hal menulis (writing) sebuah teks baik dari segi kosakata maupun yang lainnya.

Secara tidak langsung, kita mencoba meresapi kata-kata baru dalam bahasa Inggris yang kemudian dapat menjadikan vocabulary kita semakin bertambah.

Terlebih lagi ketika kita menggunakan English subtitle, maka akan lebih cepat untuk kita melatih penguasaan bahasa Inggris.

Kita akan lebih konsentrasi dan seksama dalam mendengarkan apa yang diucapkan setiap tokoh dalam film tersebut.

Baca juga: Tips Sukses Bangun Personal Branding, TBI: Perkuat Akurasi Bahasa Inggris

Selain itu, kita juga jadi mengetahui intonasi atau aksen dan pelafalan yang sesuai ketika suatu frasa dikatakan.

Itulah mengapa, film menjadi salah satu media pembelajaran sangat disukai sebagian besar masyarakat luas khususnya anak-anak muda sehingga memudahkan mereka berinteraksi dalam penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan bersosialisasi sampai dunia kerja.

Media belajar melalui film memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris dari segi akurasi dan kefasihan.

Hal ini disebabkan karena penerapan media belajar film sangat mudah untuk diaplikasikan.

Konteks visual dalam film juga sangat cocok bagi orang-orang yang dominan memiliki gaya belajar visual.

Guna mencerdaskan generasi muda Indonesia dalam menguasai bahasa Inggris dari, Kompas.com dan TBI menggelar webinar bertema English Day yang dikemas dalam webinar berdurasi 1 (satu) jam.

Baca juga: TBI: Tips Membuat Konten Media Sosial yang Menarik lewat Teknik Brainstorming

Event seru ini bisa membuat kemampuan bahasa Inggris naik level dengan narasumber serta topik yang berbeda-beda setiap bulannya.

English Day yang akan digelar pada hari Rabu mendatang tanggal 20 Juli 2022 pukul 14.00 WIB bertemakan “Efektifkah Belajar Bahasa Inggris dari Menonton Film?” ini bertujuan untuk memberikan pencerahan lebih dalam mengenai tips dan trik menggunakan media belajar melalui film dengan cepat dan tepat.

Ditemui sebelum acara berlangsung, Diah Pratiwi Soehendro selaku Marketing Communication Manager TBI mengatakan bahwa pada dasarnya bahasa bukan hanya tentang mengerti atau tidak, tapi juga bagaiman prakteknya di kehidupan nyata.

"Jadi tidak hanya dalam konteks berbicara, mendengar atau menulis saja, namun kombinasi dari seluruh komponen. Belajar dengan cara nonton film juga harus ada strateginya. Tanpa strategi yang tepat, bisa jadi kamu tidak benar-benar menyerap bahasa yang sedang kamu pelajari dan yang ada hanya sekadar nonton saja," ujarnya.

Diah juga mengatakan, belajar tidak selalu menyiksa, bahkan kita tidak akan sadar jika sedang belajar bila dilakukan dengan cara menyenangkan.

Baca juga: TBI Dorong Kepala Sekolah dan Guru Bahasa Inggris Makin Profesional

Mari intip cara-cara jitu belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan di webinar Kompas.com x TBI.

Bagi kamu yang ingin bergabung dan menambah teman baru English learners lainnya dalam kelas webinar interaktif yang seru dan gratis, dapat mendaftarkan diri melalui link bit.ly/TBIKOMPASCOMEnglishDay-Juli 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com