Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Keuntungan Siswa SMK Ikut Program D2 Fast Track? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 13/06/2022, 05:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lulusan pendidikan vokasi diharapkan bisa langsung diserap dunia kerja. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga telah meluncurkan berbagai program untuk meningkatkan kompetensi lulusan pendidikan vokasi.

Salah satunya yakni melalui D2 Fast Track. Program D2 Fast Track menjadi salah satu program Ditjen Pendidikan Vokasi yang bertujuan untuk mempercepat terciptanya tenaga kerja ahli dan terampil.

Melalui program ini, mahasiswa dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi vokasi dalam waktu tiga semester atau 1,5 tahun dengan total beban kredit minimum sebesar 72 SKS.

Melansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Minggu (12/6/2022), ada keuntungan lainnya dari program D2 Fast Track bagi siswa SMK.

Baca juga: Dankos Farma Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1, Segera Daftar

Keuntungan program D2 Fast Track

1. Waktu singkat

Dengan program ini, siswa SMK cukup menempuh pendidikan 1,5 tahun saja untuk menyelesaikan jenjang Diploma 2.

2. Lebih kompeten

Porsi pembelajaran yang mencapai 80 persen praktik dan kewajiban magang industri 2 semester, membentuk siswa jadi lebih kompeten dengan soft skill yang terasah.

3. Mudah mencari pekerjaan

Lulusan dapat menguasai prinsip dasar pengetahuan dan keterampilan pada bidang keahlian tertentu atau masuk Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) 4.

Baca juga: PAUD di Sikka Dapat Bantuan APE, Dukung Pembelajaran Lebih Optimal

Sehingga lulusan lebih mudah mencari pekerjaan dan lebih berpeluang untuk mendapatkan gaji lebih tinggi.

Komitmen Kemendikbud Ristek untuk meningkatkan kualitas lulusan pendidikan vokasi telah dipaparkan dalam Merdeka Belajar Episode 11: Kampus Merdeka Vokasi tahun 2021 silam.

Upgrade D3 dan D4

Untuk menciptakan lulusan vokasi yang kompeten, produktif dan kompetitif, Kemendikbud Ristek merancang program dan pendanaan untuk pendidikan vokasi.

Program ini untuk memperbesar program-program D2 yang berkaitan dengan SMK. Melalui program ini diharapkan bisa menjadikan talenta siap ke memasuki dunia profesional.

Selain program D2 Fast Track, ada juga program upgrade D3 dan D4 yang bisa memperkuat potensi lulusan dan mendapatkan pekerjaan di sektor industri strategis.

Baca juga: Siswa, Yuk Intip 10 Negara yang Sudah Bebas Masker

Demikian keuntungan program D2 Fast Track yang bisa ditempuh siswa SMK. Dengan menempuh program ini, kompetensi yang siswa miliki makin terasah dan siap terjun ke dunia kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com