Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Yuk Intip 10 Negara yang Sudah Bebas Masker

Kompas.com - 12/06/2022, 17:11 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak adanya pandemi Covid-19 yang terjadi secara global, membawa perubahan besar terhadap perilaku kehidupan manusia.

Ada kebiasaan-kebiasaan baru yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19. Mulai dari wajib menggunakan masker hingga mencuci tangan. Namun kasus Covid-19 di Indonesia kini cukup mereda. Sehingga pemerintah pun mulai melonggarkan beberapa kebijakan.

Pelonggaran ini juga disebabkan program vaksin yang sudah dilakukan secara besar-besaran. Setelah adanya program vaksinasi, bahkan ada beberapa negara yang menetapkan kebijakan terbebas dari penggunaan masker.

Dilansir dari laman Kelas Pintar, Minggu (12/6/2022), berikut 10 negara yang menyatakan bebas masker meski Covid-19 masih ada.

Baca juga: Dankos Farma Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1, Segera Daftar

Kebijakan bebas masker ini bukan tanpa sebab. Pasalnya negara-negara tersebut telah berhasil menangani kasus penyebaran Covid-19 sehingga memberlakukan tidak wajib menggunakan masker atau menjadi negara bebas masker.

Lalu, negara mana saja yang saat ini sudah berada di level bebas maker? Mari simak bersama informasi berikut ini:

1. Amerika Serikat

Pada 13 Mei 2021, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengumumkan pencabutan aturan memakai masker bagi warga yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19. CDC melalui panduan kesehatan masyarakat terbarunya yang baru saja dirilis mengatakan, ketentuan ini berlaku baik di dalam maupun luar ruangan.

2. Israel

Israel juga sudah membebaskan kewajiban penggunaan masker. Lebih dari 50 persen warga juga sudah divaksin penuh. Hampir 70 persen populasi masyarakatnya menerima vaksin, pemerintah menghapus aturan wajib untuk tetap menggunakan masker.

Baca juga: Perusahaan Manufaktur Ini Buka Lowongan Kerja bagi S1, Cek Infonya

3. Korea Selatan

Korea Selatan (Korsel) merupakan negara paling baru yang memberikan kebijakan pembebaskan penggunaan masker. Pemerintah Korsel menegaskan masker tidak lagi diperlukan di luar ruangan khususnya bagi mereka yang sudah divaksin, setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

4. Australia

Australia merupakan salah satu negara yang sangat cepat dan tanggap menghadapi Covid-19. Saat kasus semakin melebar, pemerintah langsung melakukan lockdown secara ketat untuk pengendalian.

Warganya pun taat mengikuti protokol kesehatan sehingga kasus positif di negara itu dengan cepat bisa ditangani. Australia sudah mengizinkan turis masuk ke negaranya, tapi hanya dari negara yang sudah terbebas Covid-19 seperti Selandia Baru. Dengan penanggulangan yang baik ini, saat ini warganya tidak diwajibkan menggunakan masker saat melakukan aktivitasnya.

5. Selandia Baru

Sama seperti negara Australia, berkat penanganan Covid-19 yang baik sejak awal, Selandia Baru juga termasuk negara yang saat ini bebas masker. Keberhasilan Selandia Baru memberantas Covid-19 ini tidak lepas dari tindakan cepat pemerintahan yang langsung melakukan lockdown setelah adanya 2.600 kasus dan 26 kematian akibat Covid-19.

Baca juga: Musim Liburan, Pakar: Taati Informasi Mitigasi Bencana di Tempat Wisata

6. China

China adalah negara yang pertama kali melaporkan terdapat kasus Covid-19. Ini terjadi di provinsi Wuhan. Saat ini, Wuhan dilaporkan telah berhasil menanggulangi Covid-19 dan sudah bebas berkumpul bersama tanpa menggunakan masker.

Bahkan, beberapa festival musik sudah dilakukan untuk merayakan kebebasan ini, salah satunya acara Wuhan Music Strawberry Festival yang dihadiri oleh 11.000-an orang.

7. Bhutan

Bhutan menjadi salah satu negara yang telah memvaksinasi 90 persen warganya hanya dalam dua minggu. Sejak awal pandemi, negara tersebut hanya melaporkan satu kematian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com