Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi Kemitraan-Mandiri ITS 2022: Jadwal, Syarat dan Biaya Kuliah

Kompas.com - 07/06/2022, 11:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka pendaftaran Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) untuk jenjang S1.

SKM ITS ini menggunakan nilai UTBK 2022 yang diselenggarakan oleh LTMPT atau nilai TKA ITS 2022 atau UMDES ITS 2022 (khusus program studi desain) yang diselenggarakan oleh ITS.

Dalam pelaksanaannya, SKM ITS dibedakan dalam dua seleksi, yakni Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri, yang keduanya diselenggarakan dalam satu periode pendaftaran. Peserta SKM hanya bisa memilih satu seleksi

Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan), dengan daya tampung sebanyak 2.524 mahasiswa.

Baca juga: UGM Buka Jalur Mandiri S1 2022: Biaya Kuliah, Syarat dan Cara Daftar

Penerimaan Mahasiswa Baru ITS tahun 2022 dibuka pada semua program studi yang terbagi dalam enam fakultas, kecuali Program IUP. Peserta seleksi dapat memilih langsung program studi yang diminati, dengan maksimal dua pilihan program studi.

Ketentuan Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022/2023

Seleksi ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat jurusan tahun 2020, 2021, dan 2022. Ketentuan jurusan asal dengan program studi yang dituju mengikuti SBMPTN.

Khusus program studi Desain Produk, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual, seleksi menggunakan Ujian Masuk Desain (UMDesain) ITS 2022.

Lalu, apa bedanya seleksi kemitraan dan seleksi mandiri ITS 2022? Dilansir dari laman ITS, berikut perbedaan keduanya. 

Baca juga: Jalur Mandiri S1 UGM 2022: Materi Ujian Saintek, Soshum, Campuran

Seleksi Kemitraan

Diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA. Saat ini ada 58 perusahaan yang bergabung, namun daftar ini masih akan bertambah. 

Seleksi Mandiri

Diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Ketentuan pendaftar Kategori Prestasi

Dalam proses seleksi, panitia seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yg dibuktikan dengan dokumen surat rekomendasi dari lembaga terkait dan juga bukti prestasi. Dokumen bukti prestasi yang dapat diunggah adalah:

1. Juara Lomba tingkat provinsi, nasional dan internasional:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com