Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seleksi Kemitraan-Mandiri ITS 2022: Jadwal, Syarat dan Biaya Kuliah

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka pendaftaran Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) untuk jenjang S1.

SKM ITS ini menggunakan nilai UTBK 2022 yang diselenggarakan oleh LTMPT atau nilai TKA ITS 2022 atau UMDES ITS 2022 (khusus program studi desain) yang diselenggarakan oleh ITS.

Dalam pelaksanaannya, SKM ITS dibedakan dalam dua seleksi, yakni Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri, yang keduanya diselenggarakan dalam satu periode pendaftaran. Peserta SKM hanya bisa memilih satu seleksi

Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan), dengan daya tampung sebanyak 2.524 mahasiswa.

Penerimaan Mahasiswa Baru ITS tahun 2022 dibuka pada semua program studi yang terbagi dalam enam fakultas, kecuali Program IUP. Peserta seleksi dapat memilih langsung program studi yang diminati, dengan maksimal dua pilihan program studi.

Ketentuan Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022/2023

Seleksi ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat jurusan tahun 2020, 2021, dan 2022. Ketentuan jurusan asal dengan program studi yang dituju mengikuti SBMPTN.

Khusus program studi Desain Produk, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual, seleksi menggunakan Ujian Masuk Desain (UMDesain) ITS 2022.

Lalu, apa bedanya seleksi kemitraan dan seleksi mandiri ITS 2022? Dilansir dari laman ITS, berikut perbedaan keduanya. 

Seleksi Kemitraan

Diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA. Saat ini ada 58 perusahaan yang bergabung, namun daftar ini masih akan bertambah. 

Seleksi Mandiri

Diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Ketentuan pendaftar Kategori Prestasi

Dalam proses seleksi, panitia seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yg dibuktikan dengan dokumen surat rekomendasi dari lembaga terkait dan juga bukti prestasi. Dokumen bukti prestasi yang dapat diunggah adalah:

1. Juara Lomba tingkat provinsi, nasional dan internasional:

  • Olimpiade Sains
  • Olahraga
  • Seni

2. Ketua OSIS

3. Penghafal Kitab Suci

Ketentuan Program Studi SKM ITS 2022

Untuk mempermudah membedakan jenis nilai yang dibutuhkan dalam seleksi ini, ITS membagi program studi dalam beberapa kategori.

Pendaftar bisa menggunakan nilai UTBK 2022 dan/atau mengikuti TKA ITS atau UMDesain ITS .

Persyaratan Khusus Seleksi Kemitraan, Mandiri ITS 2022

Beberapa program studi di ITS mengharuskan calon mahasiswa yang diterima memenuhi persyaratan kompetensi dan akan dilakukan cek kesehatan (tes buta warna) pada saat proses daftar ulang.

Namun, pendaftar yang memiliki fasilitas mandiri untuk membantu fungsi penglihatan terhadap pengenalan warna dan memastikan bisa mengikuti perkuliahan secara normal, tetap diperkenankan mengajukan pendaftaran pada program studi di atas.

Biaya Pendaftaran Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022

  • Seleksi Mandiri Rp 250.000
  • Seleksi Kemitraan Rp 250.000

Pendaftar yang memilih untuk mengikuti TKA dan UMDesain dikenakan biaya tes. Informasi terkait TKA dan UMDesain dapat dilihat di sini.

Biaya pendidikan Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022/2023

Calon mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022 dikenakan biaya pendidikan berupa Uang Kuliah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan.

Seleksi ini tidak dapat didaftar dengan Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K).

Uang Kuliah

Uang Kuliah dibayarkan tiap semester di awal sebelum perkuliahan dimulai. Besaran biaya ditentukan ITS dalam tiga kategori dengan mempertimbangkan kemampuan orang tua melalui prosedur pelaporan saat daftar ulang.

Kategori dan biaya kuliah Seleksi Kemitraan dan Mandiri 2022/2023, terbagi atas:

  • Kategori 1: Rp 7,5 juta
  • Kategori 2: Rp 10 juta
  • Kategori 3: Rp 12,5 juta

Bagi mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Kemitraan dan Mandiri pada program Joint-Degree, dikenakan biaya Uang Kuliah sebagai berikut:

  • Joint Degree Teknik Mesin: Rp 30 juta
  • Joint Degree Teknik Perkapalan: Rp 30 juta
  • Joint Degree Teknik Sistem Perkapalan: Rp 20 juta

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)

Sementara untuk Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), dibayarkan satu kali setelah mahasiswa dinyatakan diterima. Nominal SPI tergantung pada program studi yang dipilih dan bisa di cek di laman berikut ini. 

Tata cara Pendaftaran Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022

Tata cara pendaftaran Seleksi Kemitraan dan Mandiri program Sarjana dilaksanakan secara online melalui website ITS di http://admission.its.ac.id/

Ketentuan Program Studi SKM ITS 2022
Untuk mempermudah membedakan jenis nilai yang dibutuhkan dalam seleksi ini, ITS membagi program studi dalam beberapa kategori.

Pendaftar bisa menggunakan nilai UTBK 2022 dan/atau mengikuti TKA ITS atau UMDesain ITS .

Persyaratan Khusus Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022

Beberapa program studi dalam proses pembelajaran sangat memerlukan suatu kompetensi spesifik yang terkait dengan kondisi mata. Beberapa program studi di ITS mengharuskan calon mahasiswa yang diterima memenuhi persyaratan kompetensi dan akan dilakukan cek kesehatan (tes buta warna) pada saat proses daftar ulang.

Jadwal pendaftaran Seleksi Kemitraan dan Mandiri 2022/2023

  • Pendaftaran: 2 – 26 Juni 2022
  • Pengumuman Hasil: 7 Juli 2022
  • Daftar Ulang: 8 – 12 Juli 2022

Informasi detail terkait jadwal, persyaratan, kegiatan, dan lain-lain akan diinformasikan lebih lanjut bersamaan pengumuman hasil seleksi yang bisa dilihat di laman ini. 

https://www.kompas.com/edu/read/2022/06/07/113000871/seleksi-kemitraan-mandiri-its-2022--jadwal-syarat-dan-biaya-kuliah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke