Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

President University Undang 1.000 Anak SMA/SMK Jadi Konten Kreator

Kompas.com - 24/05/2022, 17:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menurut sensus penduduk pada 2020, jumlah populasi Indonesia mencapai 274 juta. Lalu, berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia sebanyak 191 juta atau kurang lebih 69,7 persen dari total penduduk Indonesia (Januari 2022).

Hal ini menjadikan korporasi atau perusahaan, bahkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) banyak bekerjsama, bersinergi dan berkolaborasi dengan para content creator untuk membangun citra dan reputasi dalam memasarkan produk, jasa atau brand lewat sosial media.

Baca juga: Banjir Rob Terjadi di Semarang, Ini Kata Pakar UGM

Sosial media menjadi suatu media yang dapat diakses oleh semua kalangan dan dapat memudahkan komunikasi, edukasi dan distribusi informasi.

Menurut Alumni President University dan Chairman acara Indonesia Content Creator Conference 2022 Jella Christania, seiring dengan banyaknya platform sosial media, membuat President University menggelar acara Indonesia Content Creator Conference 2022.

Tujuan acara ini dibuat, agar kelompok milenial dan Gen Z di Indonesia bisa mengembangkan ide-ide lewat konten yang mereka buat.

"Sosial media sekarang ini dapat dijadikan alat untuk strategi promosi yang diandalkan, mulai dari brand ternama bahkan sampai perusahaan dan bidang pemerintahan," ucap dia saat ditemui di Menara Batavia, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Mahasiswi Jurusan Komunikasi President University, Olivina Maskan mengatakan, proses membuat konten itu butuh perjuangan panjang dan tidak gampang.

Berawal dari pengembangan ide, melakukan riset, menyusun naskah, membuat redaksi (copy), proses syuting, editing sampai promosi konten.

Baca juga: 15 SMA Terbaik di Jatim Versi Nilai UTBK 2021, Acuan PPDB 2022

"Itulah tugas content creator," ucap dia yang juga menjadi Program Director acara Indonesia Content Creator Conference 2022.

Karena itu, President University mendukung perkembangan kelompok milenial dan Gen Z di Indonesia dalam acara Indonesia Content Creator Conference 2022 yang akan diselenggarakan pada 18 Juni 2022, jam 09.00-17.00 secara online dan offline.

Acara itu, nantinya akan menghadirkan 10 konten kreator Indonesia, yakni Arfiana Maulina, Deris Nagara, Calista Fahira, Angelyna Victoria, Achintya Nilsen, Khalisha Cantara, Zhafira Aqyla, Tatjana Syafira, Zahid Ibrahim, dan Olivina Maskan.

Tak lupa, acara tersebut juga akan memberikan materi dan penerapan bagi yang ingin mengembangkan idea kreativitas melalui sosial media.

Rencananya, acara itu akan dihadiri oleh Miss Grand Indonesia Jakarta 2022, Silma Kim dan Putra Pariwisata Nusantara 2018, Arya Purnama yang akan menjadi pembawa acara pada kegiatan tersebut.

Pemaparan materi dikelompokan menjadi 3 sesi yaitu: Creativity Class, Career Development Class, dan Critical Thinking Class dengan menitikberatkan pada acara tersebut adalah dengan tema "Menjadi Konten Kreator".

Direktur Marketing President University, Wijaya Kurnia menambahkan, acara ini ditargetkan lebih dari 1.000 peserta. Semua peserta yang mendaftar tidak dipungut biaya apapun.

Baca juga: Profil Prof. Widodo, Rektor UB Terpilih Periode 2022-2027

"Kami mengundnag kelompok milenial dan Gen Z seluruh Indonesia dari semua kalangan terutama siswa-siswi SMA/SMK sederajat yang ingin mengembangkan bakat dan keterampilan mereka untuk berkarya di sosial media," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com