Kompas.com - 24/05/2022, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Ketika anak dihadapkan oleh banyaknya tugas atau materi yang harus ia pelajari, tak jarang rasa malas menghambat anak untuk memulainya.

Meski rasa malas memiliki sejumlah sebab, namun mempertahankan kemalasan dapat berisiko bagi pencapaian masa depan anak nantinya.

Pasalnya, kemalasan merupakan salah satu hambatan terbesar yang dapat menggagalkan kesuksesan. Sehingga sudah sewajarnya orangtua membantu anak untuk melawan rasa malas.

Namun, marah-marah dan pemberian hukuman yang tidak tepat juga dapat membuat anak semakin enggan belajar, justru membuat anak cenderung belajar dengan terpaksa tanpa menikmati prosesnya.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Untuk membantu anak melawan rasa malas belajar atau mengerjakan tugas, berikut ini cara efektif yang bisa orangtua lakukan, merangkum laman Sekolah BPK Penabur:

1.Jangan biarkan kebiasaan suka menunda-nunda

Menunda tugas atau belajar merupakan kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan banyak remaja.

Alih-alih mengerjakan apa yang sedang menjadi kewajibannya sebagai pelajar, anak malah cenderung mengisi waktu dengan kegiatan lain yang sebenarnya tidak lebih penting.

Jika kebiasaan ini tidak segera diubah, tentu keberhasilan anak bisa terhambat.

Maka dari itu penting untuk mengingatkan anak agar menyelesaikan tugasnya dan belajar sesuai jadwalnya.

Hindari berpikir bahwa semua kewajiban anak akan selesai dengan sendirinya, karena mungkin saja pada akhirnya tugas anak tidak pernah tuntas.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.