Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan PTM, UNJ Buka Sentra Vaksinasi Booster bagi Dosen, Tendik, dan Mahasisw

Kompas.com - 21/03/2022, 18:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar sentra vaksinasi ketiga (booster) bagi dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan mahasiswa pada 21-23 Maret 2022 di Kampus A UNJ, Jakarta.

Dalam pelaksanaan teknis vaksinasi booster yang menggunakan jenis Astrazeneca ini melibatkan 24 perwakilan dari masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Ketua Satlak (satuan laksana) TNB (Tatanan Normal Baru) UNJ Sehat Mustara Musa melalui rilis resmi (21/3/2022) mengatakan, peserta yang saat ini terdata mendaftar vaksin total sebanyak 1.400 peserta, dan pada hari pertama ini melayani 700 peserta.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Inu Haryo Harimukti, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Suku Dinas Jakarta Timur menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk ikhtiar mengakhiri pandemi menjadi endemi yan dilakukan UNJ dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

“Kita terus menggenjot target dosis ketiga yang sekarang baru tercapai 15 persen. Upaya dari UNJ, sangat kita sambut sekali karena agar terciptanya herd imunity tercapai sesuai target,” ungkap dr. Inu dalam sambutannya.

Dalam kesempatan berbeda, Prof. Komarudin, Rektor UNJ berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat nyata pada kesehatan sehingga berdampak pada tingginya produktivitas kerja sivitas akademika UNJ.

Prof. Komarudin juga berpesan agar dalam pelaksanaan vaksinasi booster ini tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat (5M) yakni menggunakan masker, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

“Terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Wakil Rektor IV serta sponsor dan panitia pelaksana atas terselenggaranya Program Vaksinasi Booster ini. Kegiatan hari ini merupakan upaya nyata dalam memutus mata rantai pandemi virus covid-19,” ujar Prof. Komarudin.

Totok Bintoro, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, menyampaikan pihaknya mendapatkan arahan Dirjen Dikti pada 8 Maret 2022 untuk semua perguruan tinggi disegerakan menggelar pembelajaran tatap muka.

Baca juga: Jelang Dies Natalis ke-66, IPDN Gelar Sentra Vaksinasi Booster di Pesantren Jateng

Menindaklanjuti hal tersebut maka diperlukan membangun herd imunity salah satunya dengan vaksin booster. Vaksinasi booster untuk UNJ pertama kali dilaksanakan untuk prioritas dosen, tendik dan mahasiswa.

“Kami membuat aplikasi pendaftaran sekaligus pra-screening untuk peserta yang ikut vaksin booster. Aplikasi tersebut akan terus digunakan dan akan digunakan juga untuk men-trace mahasiswa yang sudah ataupun belum mendapatkan vaksinasi booster,” jelas Totok Bintoro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com