Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Program Studi Universitas Jember Raih Akreditasi Internasional

Kompas.com - 20/12/2021, 12:39 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga program studi di Universitas Jember (Unej) meraih akreditasi internasional. Ketiganya adalah Program Studi Agribisnis dan Program Studi Agroteknologi di Fakultas Pertanian, serta Program Studi Pendidikan Biologi FKIP.

Kabar membanggakan ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna saat mewisuda 899 orang lulusan Universitas Jember dalam acara wisuda periode II tahun akademik 2021/2022.

Wisuda yang digelar secara luring terbatas dan daring ini dipusatkan di gedung Auditorium Universitas Jember (18/12/2021). 

Baca juga: Jurusan-jurusan Kuliah di ITB yang Terakreditasi Internasional

Selain prodi yang terakreditasi internasional, prodi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat yang ada di kampus Bondowoso kini telah mendapatkan akreditasi Baik Sekali atau dulu dikenal sebagai akreditasi B dari LAM-PTKes.

Rektor Universitas Jember menyampaikan ketiga program studi ini mendapatkan akreditasi internasional dari Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik atau ASIIN.

ASIIN adalah lembaga akreditasi internasional asal Jerman yang memberikan akreditasi di bidang ilmu rekayasa, sains, pertanian, biologi dan matematika.

Menurut Iwan Taruna, keberhasilan mendapatkan akreditasi internasional ini diharapkan dapat menginspirasi dan memacu program studi lainnya untuk meraih prestasi serupa.

“Saya berharap program studi di Universitas Jember yang sudah mendapatkan akreditasi Unggul atau akreditasi A di semua fakultas dan program pascasarjana dapat mempertahankan pencapaiannya, bahkan mulai melangkah untuk mendapatkan akreditasi internasional," ujarnya.

Baca juga: Ini Tips Sukses Petani Cabai Milenial Raih Omzet Puluhan Juta

Pihaknya, akan berusaha agar di setiap tahunnya  ada program studi yang mendapatkan akreditasi internasional.

"Adanya akreditasi internasional akan menambah rekognisi bagi lulusan kita, oleh karena itu saya berpesan kepada segenap wisudawan agar berani bersaing di dunia kerja, dan jangan minder menghadapi kompetisi,” pesan Iwan Taruna dilansir dari laman Unej.

Selain mengumumkan prodi internasional, ia juga berpesan bagi semua wisudawan pantang menyerah menghadapi situasi dan kondisi saat ini, di mana kondisi ekonomi belum membaik.

Oleh karena itu alternatif berwirausaha menjadi salah satu kesempatan mengaktualisasikan diri.

“Kita patut bersyukur penanganan pandemi Covid-19 makin membaik, semoga tahun depan secara bertahap kondisi sosial ekonomi juga berangsur pulih. Sehingga perkuliahan bisa kembali tatap muka, dan roda perekonomian kembali berputar,” jelas Iwan Taruna.

Baca juga: 5 Beasiswa S1 yang Buka Januari 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com