Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Ketahui Pentingnya Ajarkan Anak 3 Kata Ajaib sejak Kecil

Kompas.com - 20/12/2021, 12:08 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anak-anak ibarat spons yang siap menyerap pengetahuan dan wawasan baru dari orangtua atau orang dewasa di sekitarnya.

Sehingga sudah kewajiban orangtua untuk mengajarkan hal-hal positif untuk mendukung tumbuh kembangnya. Selain memberikan fasilitas pendidikan terbaik bagi anak, etika atau sopan santun juga perlu ditanamkan kepada anak sejak ini.

Seperti yang diketahui banyak orang, ada 3 kata ajaib yang perlu ditanamkan pada anak, yakni tolong, terima kasih  dan maaf. Tiga kata itu juga sering digunakan ketika sedang berinteraksi dengan orang lain.

Merangkum dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (20/12/2021), mengajarkan anak sopan santun dapat dimulai dengan mengenalkan tiga kata ajaib sejak dini yaitu terima kasih, tolong dan maaf.

Baca juga: Kemendikbud Dorong Siswa Jadi Agen Perubahan Pengelolaan Sampah

Cara mengajarkan anak 3 kata ajaib

Kemendikbud Ristek mengungkapkan ada beberapa cara yang bisa diterapkan orangtua untuk mengajarkan tiga kata ajaib kepada anak. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

1. Memberikan contoh.

Orangtua dapat membiasaakan mengucapkan kata ajaib. Termasuk terhadap hal-hal kecil di dalam keluarga sehingga akan menjadi kebiasaan.

2. Membacakan cerita

Pilih cerita yang mudah dimengerti dan tentunya menyelipkan tiga kata ajaib sehingga mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Ini Jadwal, Biaya dan Persyaratan Ikut UTBK SBMPTN 2022

3. Lakukan secara berulang agar si kecil mengerti.

Agar anak makin paham, orangtua perlu mengajarkan hal tersebut secara berulang kali. Tidak hanya waktu di rumah, tetapi juga saat pergi keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain, kebiasaan mengucapkan tolong, terima kasih dan maaf harus terus dilakukan.

4. Lakukan sedini mungkin.

Semakin dini anak dikenalkan dengan kata maaf, terima kasih dan tolong, akan makin mudah pula tertanam di pikiran dan akan terus diingat hingga dewasa.

5. Berikan pujian ketika si kecil menggunakan tiga kata ajaib dalam kesehariannya.

Sebagai orangtua, berikan apresiasi berupa pujian jika anak sudah melakukan hal yang bagus. Hal ini bisa menambah rasa percaya diri anak dan akan terus melakukan hal baik di masa yang akan datang.

Baca juga: Intip Pengalaman Mahasiswa UNY Ikut Program Kampus Mengajar di Lampung

Itulah 5 cara mengajarkan kata ajaib terima kasih, tolong dan maaf kepada anak. Ketika anak terbiasa dengan hal itu, mereka bisa tumbuh menjadi anak yang santun dengan orang-orang di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com