Kompas.com - 20/12/2021, 12:36 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Adhie Massardi dan Annisa Fitri Kurniawati melakukan penelitian terhadap alga merah sebagai kandidat obat antivirus.

Berkat penelitiannya, keduanya sukses raih gelar pada Marine Science Competition (Marsco) 2021. Mereka berhasil sebagai juara 3 Karya Tulis Ilmiah (KTI) tingkat nasional.

Karya tulis ilmiah yang mereka buat berjudul 'Eksplorasi Senyawa Bioaktif Rhodophyta Sebagai Inhibitor Spike Glikoprotein SARS-CoV-2 Secara In Silico untuk Kandidat Obat Antivirus'.

Menurut Adhie Massardi, penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini dilatarbelakangi peningkatan kasus Covid-19 dan belum ditemukannya obat spesifik untuk virus tersebut.

Baca juga: Kemendikbud Dorong Siswa Jadi Agen Perubahan Pengelolaan Sampah

Obat antivirus Covid-19 tetap perlu dilakukan

Meskipun vaksin Covid-19 sudah ditemukan dan mulai diberikan kepada masyarakat, tapi penemuan obat antivirus Covid-19 tetap perlu dilakukan.

Adhie menjelaskan, banyaknya kandungan senyawa bioaktif yang dimiliki Alga Merah menjadi daya tarik dalam penelitian ini.

Selain itu, keberadaan alga merah sangat melimpah di alam. Proses budidaya Alga Merah juga mudah. Kedua hal ini menjadi potensi lain dari organisme yang memiliki nama lain Rhodopyta ini.

Pelaksanaan penelitian mereka salah satunya dengan metode in silico. Metode ini dinilai sebagai yang paling cocok untuk situasi sekarang.

"Salah satu metode yang kami lakukan adalah metode in silico dimana penelitian dilakukan tanpa harus ke laboratorium," kata Adhie Massardi seperti dikutip dari laman UNS, Senin (20/12/2021).

Dia menerangkan, metode ini sangat cocok untuk dilakukan untuk penelitian di masa pandemi Covid-19 karena akses laboratorium masih terbatas.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.