Kompas.com - 19/12/2021, 16:12 WIB
|

KOMPAS.com - Para mahasiswa saat ini diberi keleluasaan untuk menambah pengalaman dan wawasan di luar bangku perkuliahan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga telah meluncurkan berbagai program untuk mencapai tujuan itu.

Dengan memiliki banyak pengalaman dan wawasan, diharapkan mahasiswa bisa lebih siap diserap di dunia kerja.

Salah satunya Kemendikbud Ristek meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program yang dijalankan untuk mewujudkan kebijakan tersebut adalah Kampus Mengajar atau Mengajar di Sekolah yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) atau minimal sekolah yang masih berakreditasi C.

Baca juga: Mahasiswa ITS Gagas Kamera INCLUDE C-19, Bisa Tegur Pelanggar Prokes 

Mahasiswa UNY mengajar di SDN Talang Jawa, Lampung

Saat ini program Kampus Mengajar memasuki angkatan kedua. Salah satu mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Alya Nurfita Bella dari Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas MIPA diberi kesempatan mengikuti program Kampus Mengajar.

Alya mendapatkan kesempatan membantu mengajar di SD Negeri 1 Talang Jawa, Pulau Panggung, Tanggamus, Lampung.

Alya mengaku, motivasinya mengikuti program Kampus Mengajar karena ingin mengabdi di bidang pendidikan, meningkatan literasi dan numerasi bagi peserta didik khususnya di tingkat SD di daerah asal.

"Dengan adanya Kampus Mengajar ini saya bisa membantu kekurangan dalam bidang pendidikan," tutur Alya seperti dikutip dari laman UNY, Minggu (19/12/2021).

Baca juga: Siswa Yuk Belajar Jenis Awan dan Karakteristiknya

Masih banyak siswa yang sulit membaca

Selama mengikuti program ini, Alya mengajar kelas 1 sampai kelas 3. Selama mengajar di SD Negeri 1 Talang Jawa, Alya menemukan banyak peserta didik yang masih tertinggal jauh materi pembelajarannya. Bahkan masih banyak peserta didik yang sulit dalam membaca.

Selama mengajar, Alya menggunakan strategi dengan mengajak siswa membaca setiap hari. Kemudian siswa juga diminta menulis dan membaca kembali tulisan mereka sendiri. Jika ada siswa yang mengalami kesulitan, Alya juga dengan senang hati memberi bimbingan belajar setelah pulang sekolah.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.