Kompas.com - 19/12/2021, 20:34 WIB

KOMPAS.com - Permasalahan sampah makin disoroti dari tahun ke tahun. Sejumlah aktivis lingkungan hidup termasuk dari kalangan selebritas pun terus menggencarkan kampanye agar masyarakat makin menyadari pentingnya menjaga lingkungan hidup dari sampah.

Termasuk Jennifer Bachdim yang mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi lingkungan yang ada di Bali melalui akun Instagram pribadinya. Dia pun mengajak anak-anaknya untuk turut membersihkan sampah yang ada di pantai Bali.

Banyak permasalahan muncul jika penanganan sampah tidak dilakukan dengan baik. Mulai dari banjir hingga lingkungan yang bisa tercemar dengan keberadaan sampah tersebut.

Perlu diketahui, Indonesia berada di peringkat tiga tertinggi dunia sebagai produksi sampah tahunan.

Baca juga: Ini Jadwal, Biaya dan Persyaratan Ikut UTBK SBMPTN 2022

Siswa ciptakan Indonesia bebas sampah

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat produksi sampah harian nasional mencapai 185.753 ton per hari atau sekitar 0,6 kg per orang setiap harinya.
Sementara itu KLHK merilis data sekitar 40,94 persen atau 13,64 juta ton sampah per tahun tidak terkelola atau terbuang ke alam.

Semua lapisan masyarakat harus berperan aktif menanggulangi permasalahan sampah di lingkungannya. Termasuk anak-anak yang sudah bisa diajarkan untuk peduli terhadap permasalahan sampah.

Minimnya pemahaman dan kepedulian setiap warga terhadap sampah masih menjadi tantangan berat untuk mencapai target pemerintah dalam mengurangi sampah pada tahun 2025 mendatang.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyebut permasalahan sampah adalah tanggung jawab bersama. Menurut Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek Sri Wahyuningsih, untuk menangani sampah, diperlukan partisipasi aktif dari berbagai pihak baik itu swasta, akademisi juga masyarakat.

Baca juga: Intip Pengalaman Mahasiswa UNY Ikut Program Kampus Mengajar di Lampung

Terutama para peserta didik selaku generasi muda penerus bangsa. Usaha pemerintah saja tidak cukup untuk menciptakan Indonesia yang bebas dari sampah.

Upaya Kemendikbud Ristek terkait penanggulangan sampah

Sejauh ini sudah banyak upaya yang dilakukan Kemendikbud Ristek dalam memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat. Khususnya peserta didik terhadap bahaya sampah yang akan merusak keberlanjutan laut.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.