Kompas.com - 16/04/2021, 18:30 WIB
Harga cabai di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, jelang bulan suci Ramadhan sempat menembus kisaran Rp 140.000 per kilogram. KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANHarga cabai di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, jelang bulan suci Ramadhan sempat menembus kisaran Rp 140.000 per kilogram.

KOMPAS.com - Jumlah petani muda semakin hari semakin mengkhawatirkan. Dari data Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian mencatat, petani muda di Indonesia yang berusia 20-39 tahun hanya berjumlah 2,7 juta orang.

Jumlah ini hanya sekitar 8 persen dari total petani Indonesia yang berjumlah 33,4 juta orang.

Padahal, omzet dari pertanian sebetulnya cukup tinggi. Misalnya, baru-baru ini saat cabai melonjak tinggi petani pun bisa merasakan untung berlebih.

Menjadi petani pun sebetulnya bisa menjadi pilihan asal mau mempelajarinya. Karena, pertanian saat ini sudah berbeda jauh dengan pertanian yang dikelola generasi sebelumnya.

Jika ada anak muda yang ingin menjadi petani, ada baiknya membaca kisah sukses
Petani cabai milenial Pulung Widi Handoko.

Baca juga: Keren, Alumni ITS Ini Masuk Dalam Daftar Forbes 30 Under 30

Pulung sendiri, merupakan Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Angkatan 2014 yang merupakan petani cabai dari Kabupaten Magelang. Sekali panen, omzetnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk kiat-kiatnya, ia menjelaskan budidaya cabai, kuncinya yang pertama adalah pemilihan lahan dan ketersediaan air. Selain itu, pengolahan tanah juga penting.

"Seperti pembersihan sisa tanaman atau gulma, pembuatan bedengan, pengapuran, pemupukan dasar, dan penutupan mulsa," papar Pulung melansir siaran pers UGM.

Karena, jika salah memilih lahan yang tidak pas untuk menanam pastinya tanaman berpotensi gagal.

Belum lagi, tanaman yang membutuhkan irigasi dan air yang banyak harus diperhatikan para petani. Misalnya, padi yang membutuhkan air cukup banyak saat ditanam.

Baca juga: Murid Kelas 10 Kreasikan Tenun Jadi Fesyen Milenial, Beromzet Ratusan Juta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X