Kompas.com - 20/12/2021, 11:36 WIB


KOMPAS.com – Salah satu alumni Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) bernama Yohanes Sugihtononugroho terdorong untuk membantu permodalan para petani di Indonesia.

Untuk itu, bersama partner-nya Risyad Ganis, ia mendirikan Crowde, platform digital yang bergerak untuk mencarikan modal para petani melalui semangat gotong royong.

Alumnus Sarjana Strata (S1) Business 2010 Prasmul ini mengaku bahwa passion-nya dalam bidang pertanian tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan dipupuk saat berkuliah di Prasmul.

“Waktu SMA diwajibkan ikut kegiatan live-in desa. Sejak itu saya mulai terekspos dengan kehidupan petani,” kata Yohanes, dikutip dari ceritaprasmul.com, Senin (20/12/2021).

Selepas SMA, kecintaan Yohanes akan dunia pertanian pun tidak surut. Terlebih ketika dia menjadi mahasiswa di Prasmul dan mengikuti mata kuliah Community Development.

Baca juga: Berkat Passion Kuat di Bidang Marketing, Alumnus Prasmul Ini Jadi Incaran Banyak Startup

“Saya ingat waktu itu kami dikirim ke Desa Sukaluyu, Cianjur. Ini pertama kalinya saya merasakan indahnya memberikan impact kepada orang-orang desa,” ujarnya.

Menurutnya, Community Development merupakan kegiatan untuk melatih kepekaan, kepedulian, dan empati mahasiswa untuk komunitas di sekitar.

Dia pun mengenang kembali pengalamannya bersama seorang ibu dengan tiga anak yang kesulitan mencari nafkah.

Melihat hal itu, Yohanes bersama teman kelompoknya pun mengajarkan si ibu cara budi daya jamur tiram di rumah untuk mendapatkan penghasilan sehari-hari.

“Bisnis ibu tersebut kemudian tumbuh dan berkembang. Kami pun masih sering berkontak hingga sekarang,” tutur pria kelahiran 1992 itu.

Baca juga: Ragam, Cara Sekolah Bisnis dan Ekonomi Prasmul Mengolah Rasa

Crowde ditunjuk sebagai ?The Best Agriculture-related Social Enterprise? oleh DBS-NUS Social Venture Challenge Asia.Instagram.com/temancrowde Crowde ditunjuk sebagai ?The Best Agriculture-related Social Enterprise? oleh DBS-NUS Social Venture Challenge Asia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.