Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKN 2021 Jadi Festival Kebudayaan Terbesar di Indonesia Tahun Ini

Kompas.com - 25/11/2021, 14:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pekan Kebudayaan Nasional atau PKN 2021 yang telah dibuka Presiden Joko Widodo pada 19 November 2021 lalu menjadi festival kebudayaan terbesar di Indonesia pada tahun ini.

Setidaknya ada dua alasan. Pertama, terbesar dalam skala pelibatan publik yang melibatan tidak kurang dari 3.000 pelaku budaya dan 70 pemerintah daerah ambil bagian secara aktif di dalam rangkaian PKN 2021.

Kedua, terbesar dalam misi yang diembannya, yakni sebagai sebuah festival-dengan-misi: mengolah inspirasi cemerlang kearifan lokal untuk menjawab tantangan kekinian.

Pekan Kebudayaan Nasional dirancang sebagai ruang bertemu dan konsolidasi kekayaan budaya Indonesia. Oleh karena itu, keragaman mata acara yang hadir merupakan konsekuensi dari kekayaan itu”, ungkap Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan melalui rilis resmi (25/11/2021).

Memasuki hari keempat, aneka konten budaya buah karya para pelaku dari berbagai daerah di Indonesia telah ditampilkan di kanal indonesiana.tv dan diakses langsung di situs pkn.id.

Memasuki hari keempat PKN 2021

Antara tanggal 19-22 November 2021 telah berlangsung aneka acara seru yang berlangsung setiap hari pukul 09.00-22.00 WIB.

Ada rangkaian "Bincang Cerlang" yang menghadirkan diskusi tentang perlindungan kekayaan intelektual wastra Nusantara, peran generasi muda dan penggunaan teknologi digital dalam pelestarian arsitektur Nusantara dan pengarusutamaan budaya pangan lokal.

Acara ini menghadirkan Robert Oliver, aktivis pangan di kepulauan Pasifik, dan Janice Gabriel, produser acara kuliner televisi dari Inggris.

Selain itu, ada juga tayangan variety show yang menampilkan antara lain film dokumenter karya Riri Riza tentang budaya sandang, pangan dan papan di Kabupaten Solok Selatan.

Baca juga: PKN 2021, Riri Riza Angkat Alam Takambang Jadi Guru: Serambi Minangkabau

 

Juga ada seri siniar budaya yang antara lain mengangkat tema “Cari Cuan Lewat Jalan Kebudayaan'' yang dipandu oleh Jimi Multhazam dan Ricky Malau yang terkenal sebagai pembawa acara Ngobryls di youtube.

Aneka keseruan lain selama empat hari itu meliputi program "Icip Pangan" yang mengangkat aneka resep minuman rempah, Star Jamming, Di Dalam Indonesia, Cultural Fashion dan berbagai acara lainnya.

Tidak ketinggalan partisipasi negara sahabat dalam Ragam Budaya Internasional.

Keelokan Indonesia, Kecerlangan Nusantara

Memasuki hari kelimanya yakni Selasa, 23 November, PKN 2021 mengangkat aneka konten yang memperlihatkan bagaimana kebudayaan bisa jadi solusi bagi aneka problem hari ini.

Keelokan budaya Indonesia bukan hanya sesuatu yang tampak secara lahiriah, melainkan tumbuh dari kecermatan dalam mengolah peluang lokal.

Aneka praktik turun-temurun di bidang sandang, pangan, dan papan yang terbukti selama ini dapat berguna sebagai pedoman untuk mengelola kehidupan. Budaya bukan hanya soal praktik warisan masa lampau, melainkan juga cara mengupayakan keselamatan di masa kini dan menciptakan masa depan lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com