Kompas.com - 25/11/2021, 13:54 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan sambutan pada Pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan XV di Jakabaring Sport City Palembang, Kamis (11/11/2021). Dok. KemenagMenag Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan sambutan pada Pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan XV di Jakabaring Sport City Palembang, Kamis (11/11/2021).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setiap 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN). Peringatan HGN tahun 2021 mengusung tema "Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri".

Tema yang menegaskan dan mengingatkan kita semua mengenai salah satu tujuan kemerdekaan bangsa Indonesia, yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca juga: Kemenag Evaluasi Program 5.000 Beasiswa S3

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Upacara Bendera HGN 2021 di Halaman Kementerian Agama RI di Jalan Lapang Banteng, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Menag mengatakan, tugas utama guru adalah mendidik dan membentuk karakter (akhlak) baik siswa.

Guru harus membuat siswa ketagihan belajar dan sadar literasi.

Literasi dalam artian luas, yakni baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi sosial-budaya, literasi digital, dan literasi moderasi beragama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Guru dan termasuk kita semua harus meningkatkan kapasitas diri kita masing-masing. Kita harus familiar dengan budaya digital dan lainnya. Tantangan kita semakin kompleks dan rumit, peserta didik kita adalah generasi Z milenial yang friendly dengan gadget. Kita harus bekerja extra ordinary," ucap Menag Yaqut melansir laman Kemenag, Kamis (25/11/2021).

Selain itu, siswa membutuhkan guru kreatif yang thinking out of the box. Guru yang bisa dan biasa berpikir berbeda dan di luar kotak.

Guru hebat yang memiliki passion dan empathy. Guru inspiratif yang mengajar dengan cinta. Sebab, di mana pun, kita hanya bisa belajar dari orang yang kita cintai.

Apalagi pada proses pemulihan pembelajaran, kita membutuhkan guru dan tenaga kependidikan yang profesional sekaligus peduli, kata Menag.

Baca juga: Pakar UGM: Ini Penyebab Asam Lambung Naik

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.