Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

Hari Guru di Masa Pandemi: Pulihkan Pendidikan, Kembangkan Potensi Siswa

Kompas.com - 25/11/2021, 13:53 WIB
Momentum peringatan hari guru, menjadi motivasi untuk memulihkan pendidikan dari dampak pandemi untuk mendukung berkembangnya potensi terbaik siswa. DOK. TANOTO FOUNDATIONMomentum peringatan hari guru, menjadi motivasi untuk memulihkan pendidikan dari dampak pandemi untuk mendukung berkembangnya potensi terbaik siswa.

Oleh: Sainah, Guru SDN Kedokansayang 01, Tegal, Jawa Tengah

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang masih terus melanda mengakibatkan penurunan kemampuan dan hasil belajar anak. Pemulihan pendidikan saat pandemi perlu strategi yang jelas dan dapat segera diterapkan.

Kabar baiknya, berbagai macam sektor kehidupan di Indonesia perlahan berangsur pulih. Salah satunya, sektor pendidikan yang mulai menggunakan inovasi teknologi dalam pembelajaran.

Proses belajar pun secara daring kini mulai terbiasa dengan memanfaatkan akses internet.

Proses belajar daring membuat hubungan orang tua semakin dekat dengan anak selama di rumah. Orangtua dapat terlibat langsung melakukan aktivitas belajar bersama anak. Mulai dari berdiskusi bersama, membantu tugas, sampai beralih peran menjadi guru bagi anak.

Hal itu menjadikan orangtua lebih mengenali minat dan bakat anak pada jenis pelajaran tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengetahui potensi anak tentunya merupakan hal penting bagi orangtua. Tapi identifikasi potensi anak juga penting dilakukan oleh guru. Dengan mengidentifikasi minat, bakat, dan kemampuan, anak dapat diarahkan dan dapat berkembang dengan optimal sesuai kapabilitasnya.

Berikut tiga cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk mendukung perkembangan potensi anak di masa pandemi:

Baca juga: Hari Guru 2021, Nadiem Cerita Perjuangan dan Semangat Guru di Tengah Pandemi

1. Jalin kedekatan dengan siswa

Salah satu permasalahan yang terjadi dalam situasi belajar dari rumah adalah ketiadaan interaksi tatap muka secara langsung antara anak didik dan guru. Anak didik dan guru tidak dimungkinkan lagi untuk bertemu dalam satu ruang yang sama.

Namun, guru dapat menggunakan berbagai platform teknologi, seperti WhatsApp, Google Classroom, Zoom, dan lain sebagainya untuk tetap menjalin kedekatan dengan anak.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.