Kompas.com - 23/11/2021, 14:54 WIB
Salah satu persiapan PKN yang akan dilaksanakan pada 19-26 November 2021 secara daring. DOK. DITJEN KEBUDAYAANSalah satu persiapan PKN yang akan dilaksanakan pada 19-26 November 2021 secara daring.

KOMPAS.com - Pekan Kebudayaan Nasional atau PKN 2021 telah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 19 November 2021. Tema PKN tahun ini yakni ”Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan”, diharapkan semakin berperan menjadi pandu yang melahirkan visi bagi pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Menyikapi berbagai fenomena yang terjadi saat ini, Presiden Joko Widodo dalam sambutan pembukaan PKN 2021 menegaskan bahwa banyak hal yang dapat dipelajari dan dirujuk dari ilmu pengetahuan dan kearifan masa lalu karya nenek moyang bangsa.

 

Menguatkan hal itu, PKN mengusung salah satu salah satu program yakni Ragam Budaya. Program ini merupakan variety show dan star jamming yang mengangkat potensi kearifan lokal dan kekayaan warisan budaya sandang, pangan, papan Nusantara.

Program disajikan dalam bentuk fashion show, dokumenter "Dari Alam ke Piring", hingga arsitektur tradisional, dengan melibatkan komunitas lokal dan seniman Indonesia.

Sejumlah sutradara ternama turut mengambil peranan dalam proses produksi Ragam budaya, seperti: Riri Riza (Alam Takambang Jadi Guru: Serambi Minangkabau); Hanung Bramantyo (Lingsir Wengi); Eugene Panji (Dulu x Hari Ini); Buyung Reza (Sumba Waingapu: Permata Dari Indonesia).

Selain itu ada Priagita Arianegara (Sandar di Semenanjung Para Daeng); Adrianto Sinaga (Nyanyian Danau); Robby Ertanto (Cinta Ditanam, Negeri Dijunjung); Ismail Basbeth (Banda Dari Dekat Sekali); Lasja Susatyo (Lost Story Nias: Kisah Pulau Batu Besar dan Napas Bumi: Kalimantan).

Tidak ketinggalan, Jay Subyakto, Rama Soeprapto, Hartati dan Atilah Soeryadjaya yang berkolaborasi dalam produksi "Pembukaan PKN 2021: Napas Jiwa", dan juga "Penutupan PKN 2021: Semesta di Halaman Belakang".

Baca juga: 3.000 Pelaku Budaya Ramaikan Pekan Kebudayaan Nasional 2021

Cerlang Nusantara dan Ragam Budaya

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid melalui rilis resmi (23/11/2021) menjelaskan, PKN tahun ini mengambil tema "Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan". "Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat kembali mengenali jati diri dan khazanah budaya bangsa sebagai suatu aset," tegas Hilmar.

Lebih jauh Hilmar menjelaskan, PKN 2021 disusun dengan berdasarkan pada sandang, pangan, dan papan, sebagai hal fundamental dalam kehidupan masyarakat.

"Sehingga kita hadirkan para sutradara untuk memproduksi tayangan Ragam Budaya yang mengambil tempat di sejumlah lokasi yang sudah dikenal oleh masyarakat," ungkap Hilmar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.