Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, SMPN 3 Gamping Yogyakarta Vaksinasi 399 Siswa

Kompas.com - 02/09/2021, 09:51 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah mempersiapkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah melakukan vaksinasi kepada 399 siswa atau setara 70,99 persen dari total siswa.

Vaksinasi yang merupakan hasil kerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gamping 2 tersebut dilakukan pada Senin (26/7/2021) untuk dosis pertama dan Senin (23/8/2021) untuk dosis kedua.

Kepala SMPN 3 Gamping Ris Santosa mengatakan, dari total 562 siswa, terdapat 163 siswa yang belum divaksin karena alasan tertentu.

“(Alasan) pertama, saat ada program vaksin di sekolah, (siswa) baru saja isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19 atau memilik komorbid. Kedua, tidak mendapat izin dari orangtua. Ketiga, masih belum cukup umur atau berusia kurang dari 12 tahun,” papar Ris Santosa kepada Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Sebagai informasi, vaksinasi pelajar merupakan salah satu syarat utama dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas di DIY.

Baca juga: PTM Terbatas Beda dengan Sekolah Biasa, Ini Aturannya

Sebelumnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menegaskan, daerah dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-3 boleh menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Melansir Kompas.com, Rabu (25/8/2021), Nadiem mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk memberlakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Lantaran DIY masih berstatus daerah dengan PPKM level 4, maka PTM terbatas belum dapat dilakukan.

Melansir Tribun Jogja, Sabtu (14/8/2021), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY menyatakan bahwa pembelajaran tatap muka terbatas di DIY belum akan digelar sebelum seluruh siswa mendapatkan vaksin Covid-19.

Sementara itu, hingga kini vaksinasi bagi pelajar di DIY masih terus digenjot oleh Pemprov DIY.

Dalam upaya mempersiapkan PTM terbatas, SMPN 3 Gamping pun telah memenuhi syarat wajib dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dengan memvaksin seluruh guru dan karyawan.

Baca juga: Jokowi: Ternyata Semuanya Ingin Pembelajaran Tatap Muka...

Vaksinasi dosis pertama bagi guru dan karyawan telah dilakukan pada Selasa (30/3/2021), kemudian dosis kedua pada Selasa (27/4/2021).

Kepala SMPN 3 Gamping memaparkan, ketika nantinya PTM terbatas diberlakukan, masing-masing siswa akan datang ke sekolah dua kali dalam seminggu.

Kelas VII dijadwalkan pada Senin dan Kamis, sedangkan kelas VIII dijadwalkan Selasa dan Jumat. Adapun kelas IX dijadwalkan Rabu dan Sabtu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com