Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Film untuk Tingkatkan Semangat Belajar

Kompas.com - 20/05/2021, 12:51 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mengembalikan semangat belajar usai libur panjang, ada sejumlah film bisa meningkatkan motivasi kamu mempersiapkan ujian. Pasalnya, usai libur panjang kali ini, ujian sekolah hingga ujian masuk perguruan tinggi akan segera berlangsung.

In-class Learning Lead Zenius Education, Eka Puspita memberikan 5 (lima) rekomendasi film yang bisa meningkatkan semangat belajar kamu. Yuk, tonton film-film ini seraya menikmati camilan favorit.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

1. Laskar Pelangi (2008)

Poster film Laskar Pelangi.IMDB Poster film Laskar Pelangi.

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata ini mengisahkan tentang anak-anak di pulau Belitung yang berjuang untuk mempertahankan sekolahnya.

Film ini mengingatkan kita kalau belajar tak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi bisa di mana saja. Film ini juga mengisahkan tentang peran mulia guru yang membantu murid-muridnya membangun mimpi.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa 2022 Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Uang Saku

2. 3 Idiots (2009)

Film Bollywood satu ini menceritakan kisah tentang 3 sahabat yang mencari definisi sukses yang sebenarnya. Lewat film ini kita akan banyak diajak memahami arti pendidikan lebih dari sekadar belajar di kelas atau buku pelajaran.

Dari dialog yang tersaji, kamu seakan juga diajak untuk tak sekadar menghafal saat belajar, melainkan belajar fundamentalnya supaya pelajaran membekas di dalam diri.

3. The Man Who Knew Infinity (2015)

Dibintangi Dev Patel, The Man Who Knew Infinity (2015) tayang di CATCHPLAY+.IMDb Dibintangi Dev Patel, The Man Who Knew Infinity (2015) tayang di CATCHPLAY+.

Film satu ini merupakan biopik seorang matematikawan India bernama Srinivas Ramanujan, yang lahir dan tumbuh besar di sebuah kota kecil India, hingga akhirnya berhasil menjadi seorang mahasiswa di Cambridge University selama masa Perang Dunia 1.

Kecintaan dan passion Srinivasa pada matematika tergambar jelas dalam sebuah percakapannya yang berbunyi, "Bayangkan jika kita dapat melihat tiap butir maupun partikel. Maka kita akan menemukan pola dalam segala hal."

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 15 Juta Per Bulan

4. The Current War (2017)

Benedict Cumberbatch dalam film The Current War (2017)IMDb Benedict Cumberbatch dalam film The Current War (2017)

Film ini terinspirasi dari kisah persaingan antara Thomas Alva Edison (Benedict Cumberbatch). George Westinghouse (Michael Shannon) dan Nikola Tesla (Nicholas Hoult) dalam menciptakan kontribusi melalui inovasi dalam dunia sains.

Dari film ini kita diajak untuk melihat bahwa passion dan keberanian adalah perpaduan penting saat kita ingin memberikan dampak yang besar bagi dunia.

5. Hidden Figures (2016)

Film Hidden Figures (2017)IMDb Film Hidden Figures (2017)

Film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang matematikawan Afrika-Amerika, Katherin Johnson, yang merupakan penghitung mekanika orbital NASA.

Pada tahun 1960-an profesi seorang matematikawan dan astronom adalah profesi yang masih didominasi oleh pria berkulit putih.

Katherin Johnson bersama kedua temannya Dorothy Vaughan seorang matematikawan NACA dan NASA serta Mary Jackson seorang matematikawan dan teknisi ruang angkasa bagi NACA dan NASA berjuang melawan pandangan sebelah mata terhadap perempuan kulit hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com