Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Daftar Ulang Mahasiswa yang Lolos SNMPTN 2021 di ITB

Kompas.com - 23/03/2021, 11:39 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 1.630 calon mahasiswa dinyatakan lolos masuk Institut Teknologi Bandung (ITB) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Dari jumlah tersebut, fakultas/sekolah yang menerima calon mahasiswa terbanyak adalah di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) sebanyak 195 orang, selanjutnya di FMIPA, 166 orang, dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Kampus Ganesha, 129 orang, serta FTTM Kampus Cirebon, 43 orang.

"Selamat bagi calon mahasiswa SNMPTN yang telah diterima," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Jaka Sembiring, dilansir dari laman itb.ac.id.

Pada 2021 ini, sebanyak 10.637 peserta telah mendaftar ke ITB melalui jalur SNMPTN 2021. Dari jumlah tersebut, sebanyak 984 pendaftar mendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah, dan hanya 142 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur KIP-Kuliah tersebut. "Dalam melakukan seleksi penerimaan, kami selalu mengedepankan kualitas akademik calon mahasiswa," lanjut Prof. Jaka.

Baca juga: 10 Prodi ITB dengan Daya Tampung Besar di SBMPTN 2021

Terkait dengan keringanan dalam pembiayaan, Prof. Jaka menjelaskan bahwa ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu untuk mengajukan beasiswa uang kuliah tunggal (UKT). "ITB akan memenuhi kuota mahasiswa yang mendapatkan pembebasan UKT sebesar 20 persen di akhir masa penerimaan mahasiswa sarjana," tegasnya.

Prof. Jaka menjelaskan, selain melalui jalur SNMPTN, ITB juga membuka jalur SBMPTN 2021 dan Seleksi Mandiri. Sementara bagi calon mahasiswa yang menginginkan pengalaman internasional dapat memilih jalur kelas internasional.

Jadwal daftar ulang SNMPTN 2021 ITB

Bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lolos SNMPTN di ITB, tahapan selanjutnya yang dilakukan adalah pendaftaran ulang yang akan dilaksanakan pada 25 Maret - 2 April 2021.

Registrasi ulang untuk peserta SNMPTN 2021 ini akan dilakukan secara online melalui laman https://akademik.itb.ac.id.

Kegiatan pendaftaran ini WAJIB diikuti oleh seluruh calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2021 di ITB. Pengumuman kelulusan SNMPTN 2021 dapat diperoleh di laman https://snmptn.itb.ac.id

Berkas daftar ulang SNMPTN 2021 ITB

Dalam proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg.

Dokumen yang wajib disiapkan untuk pengisian data dan diunggah adalah:

1. Kartu Peserta SNMPTN 2021 ASLI

2. Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com