Kompas.com - 23/03/2021, 10:27 WIB
Kain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI. Dok. UIKain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI.

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menerima 1.094 dari total pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 sebanyak 16.474 peserta.

Melansir dari laman resmi ui.ac.id, bagi peserta yang lolos dan membutuhkan Informasi registrasi (daftar ulang) di UI, dapat mengakses laman http://penerimaan.ui.ac.id dengan mengisikan nomor peserta SNMPTN.

Pada tahun ini, UI menerima mahasiswa baru jenjang S1 melalui tiga jalur penerimaan, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 20 persen.

Lalu, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 30 persen dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI yaitu ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan mandiri oleh UI dengan kuota 50 persen.

Baca juga: Universitas Indonesia Buka 14 Prodi Baru di 2021, Ini Daftarnya

Bagi para calon mahasiswa yang belum berhasil lulus pada SNMPTN 2021 dapat kembali mencoba kesempatan seleksi UTBK-SBMPTN 2021 yang pendaftaran masih berlangsung hingga 1 April 2021, dan atau mengikuti seleksi SIMAK UI dengan periode pendaftarannya 3 Mei – 9 Juni 2021.

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI (PMB UI) Gunawan, mengucapkan selamat atas lolosnya para mahasiswa di jalur SNMPTN 2021.

"Selamat atas keberhasilan adik-adik para calon mahasiswa baru UI yang telah berhasil lulus dan unggul di antara belasan ribu peminat UI melalui jalur SNMPTN. Namun, bagi mereka yang belum lulus, jangan putus semangat, tetap berjuang mempersiapkan diri menuju seleksi-seleksi berikutnya dan kesempatan masih terbuka luas," ujarnya.

Ia mengimbau bagi para calon mahasiswa untuk rutin mengecek informasi/pengumuman di situs www.penerimaan.ui.ac.id maupun sosial media UI, seperti twitter dan instagram @univ_indonesia agar selalu terinformasi mengenai jadwal seleksi.

"Mengingat pada situasi wabah Covid-19, perubahan jadwal sangat mungkin terjadi," tambahnya.

Lebih lanjut, Gunawan juga mengatakan pada tahun ini, sejumlah program studi (prodi) yang paling banyak diminati oleh peserta SNMPTN 2021 baik dari sosial humaniora (soshum) maupun sains dan teknologi (saintek). Berikut daftar prodi yang terfavorit di SNMPTN 2021:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X