Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ICCN Adakan Pelatihan Career Center Officer Program

Kompas.com - 20/03/2021, 16:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain mencetak lulusan mahasiswa, perguruan tinggi juga berkewajiban memiliki pusat pengelolaan karier. Pusat karier yang baik akan dapat menjalankan peran dan fungsinya untuk perguruan tinggi.

Untuk membangun profesionalitas pusat karier, Indonesia Career Center Network (ICCN) menyelenggarakan Pelatihan Career Center Officer Program (CCOP) gelombang 1 yang dilaksanakan pada 4-5 Maret 2021 secara virtual.

Agenda kegiatan CCOP kali ini yakni memberikan program pelatihan dan peningkatan pengetahuan dan kapasitas yang dirancang untuk para pengelola pusat karier perguruan tinggi di Indonesia.

"Tujuan diadakannya kegiatan CCOP sebagai salah satu program unggulan dari kepengurusan ICCN adalah untuk bersama seluruh pemangku kepentingan membangun profesionalitas pusat karier," terang Presiden ICCN sekaligus Kepala Pusat Karir Binus Career, Teddy Indira Budiwan, SPsi, MM seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (20/3/2021).

Baca juga: Pakar IPB: Daftar Tanaman Pangan dan Rempah untuk Tingkatkan Imun

Selain itu, melalui CCOP juga bertujuan agar semua institusi perguruan tinggi di Indonesia dapat memiliki pusat karier yang berjalan dengan baik demi kemajuan bangsa.

Pusat Karier dapat maju dan berkembang juga tidak lepas dari dukungan, baik dari pihak kampus, mahasiswa, alumni maupun mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Dalam kegiatan CCOP ini diikuti Ketua atau Direktur Pusat Karir dan staf dari 61 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Pemateri pada hari pertama adalah Presiden ICCN sekaligus Kepala Pusat Karir Binus Career, Teddy Indira Budiwan, SPsi, MM., Sekretaris Jendral ICCN sekaligus Kepala Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan Universitas Airlangga, Prof. Dr. Elly Munadziroh, drg. MS., Direktur Kajian dan Komunikasi Publik ICCN sekaligus Direktur ITB Career Center, Sonny Rustiadi, SE., MBA., Ph.D., CBAP.

Baca juga: Mahasiswa UNY Gagas Program Tingkatkan Kebugaran Siswa Tuna Netra

Hari pertama kegiatan ditutup dengan Closing Wisdom dari anggota Badan Pengawas sekaligus salah satu pendiri ICCN yaitu Dr. Syarifah Iis Aisyah, M.Agr. Sc., dari IPB University.

Ada beberapa materi penting yang disampaikan dalam kegiatan CCOP pada hari pertama, yakni:

1. Pengantar pusat karier

2. Membangun career services dan membangun hubungan dengan employer

3. Sistem IT dan manajemen sosial media pusat karier

Sedangkan materi yang disampaikan pada hari kedua mencakup beberapa hal. Antara lain:

1. Pengantar traser study dan user survey

2. Pengantar bimbingan karier

Baca juga: Daftar Lengkap Daya Tampung 74 Prodi UPI Jalur SBMPTN 2021

3. Pengantar materi kewirausahaan

4. Diskusi panel peningkatan respon rate

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com