Kompas.com - 18/03/2021, 09:26 WIB
Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) University temukan beberapa tanaman dan rempah lokal yang mempunyai sifat pangan fungsional. Tangkap layar Youtube Nutrisi BangsaPeneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) University temukan beberapa tanaman dan rempah lokal yang mempunyai sifat pangan fungsional.

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) University melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tanaman dan rempah lokal yang mendatangkan banyak manfaat. Termasuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghambat enzim alfa glukosidase.

Peneliti IPB melakukan penelitian terhadap 24 jenis tanaman dan rempah lokal yang mudah ditemukan masyarakat.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, beberapa tanaman bisa menjadi pangan fungsional dan mendatangkan sejumlah manfaat.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

Pengertian pangan fungsional

Menurut Peneliti Nutrasetikal IPB University Dr. Nancy Dewi Yuliana, definisi pangan fungsional adalah jenis pangan yang mampu meningkatkan kondisi umum tubuh orang yang mengonsumsi. Atau menurunkan risiko terkena beberapa jenis penyakit seperti kolesterol dan sebagainya.

Syarat penting lainnya pangan fungsional harus memiliki sifat sensori yang baik. Berbeda dengan obat atau jamu.

"Pangan fungsional harus memiliki rasa yang enak. Pangan fungsional juga bisa bersumber dari hewan seperti daging dan ikan," kata Nancy saat menyampaikan materi berjudul 'Peningkatan Kesehatan Melalui Pangan dan Fungsional' di acara Peresmian Taman Kehati Telaga Inspirasi IPB University dan Danone Nutricia, Selasa (16/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Guru Besar IPB Temukan Formula Minuman Penurun Gula Darah

Teliti 24 tanaman dan rempah lokal

Berikut daftar sampel tanaman sayur atau rempah yang digunakan sebagai pangan fungsional:

1. Kecombrang

2. Kemangi

3. Leunca

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X