Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Izin Nadiem, Monash University Buka Kampus di Indonesia

Kompas.com - 03/12/2020, 13:12 WIB
Dian Ihsan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Monash University Indonesia menerima surat izin beroperasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Hal itu sekaligus mengumumkan status badan hukum resminya untuk beroperasi sebagai perguruan tinggi asing pertama yang memiliki kampus di Indonesia.

Mendikbud Nadiem Makarim menyambut baik langkah pendirian kampus Monash University di Indonesia. Langkah itu juga memberikan dampak yang baik bagi penguatan sistem pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Mendikbud: Ini Pentingnya Anak Baca Buku sejak Dini

"Kehadiran Monash merupakan dukungan sekaligus bentuk akselerasi terhadap terhadap pendidikan di Indonesia. Hal ini juga menjadi perwujudan eratnya hubungan Indonesia-Australia dalam lingkup sosial, ekonomi dan teknologi," ungkap Nadiem dalam siaran pers yang diterima media, Rabu (2/12/2020).

Yayasan Monash University Indonesia atau Monash Indonesia akan menjadi kampus pascasarjana yang berfokus pada penelitian dan memiliki jaringan hubungan industri. Program yang ditawarkan adalah jenjang pendidikan S2 (Magister) dan S3 (Ph.D.), serta program eksekutif dan sertifikasi keahlian.

President & Vice-Chancellor Monash University, Margaret Gardner AC mengatakan, peresmian badan hukum dan penerimaan surat izin operasi tersebut merupakan langkah penting untuk meneruskan komitmen Monash University dalam membangun kampus pertama di Indonesia.

"Kampus Monash University Indonesia yang akan beroperasi pada 2021, akan memperluas kehadiran internasional kami, menciptakan kolaborasi riset global, sekaligus memungkinkan mendorong program pengembangan kapasitas profesional dan menghadirkan kesempatan komersial di Industri," kata Gardner.

Selain itu, bilang Gardner, kehadiran kampus di Indonesia ini akan memperkuat jaringan pengajaran kami yang sebelumnya sudah mencakup Australia, Italia, Malaysia, China dan India.

Lebih jauh Gardner menyatakan, Monash Indonesia akan menawarkan peluang baru untuk mobilitas mahasiswa dan staf secara global, serta mendorong kolaborasi riset lintas negara dengan universitas yang berbasis di Indonesia serta mitra industri.

Hal tersebut sejalan dengan tingginya kebutuhan pasar terutama di sektor data sains dan teknologi digital, infrastruktur dan desain perkotaan, industri dan kewirausahaan kreatif, kebijakan dan kesehatan publik. Kolaborasi ini didasari oleh proyek kolaborasi riset yang sudah terjalin sebelumnya antara Monash dan Indonesia seperti RISE dan WMP.

Gedung kampus Monash Indonesia tersebut akan berlokasi di BSD City, tepatnya di Green Office Park 9.Dengan mengusung konsep yang ramah lingkungan dan didukung teknologi digital termutakhir, kampus tersebut juga akan memiliki perpustakaan digital paling inovatif di Indonesia.

Monash University Indonesia rangkul pelaku industri

Monash University Indonesia juga dipastikan bakal menjalin kerja sama yang erat dengan pelaku industri.

"Pemilihan lokasi yang berada di hub industri sejalan dengan upaya kami agar mahasiswa kami mendapat akses terhadap perusahaan-perusahaan mitra, kesempatan bekerja, serta para pemimpin di industri," ungkap Gardner.

Senior Pro Vice-Chancellor Monash University dan penanggung jawab kemitraan Monash University di Asia Tenggara, Andrew Macintyre menjelaskan, misi Monash Indonesia adalah untuk memberikan kontribusi yang kuat dalam perkembangan sosial, ekonomi, dan teknologi Indonesia secara lebih lanjut.

"Pengumuman ini selaras dengan rencana lanjutan kami untuk merancang sebuah tempat belajar berteknologi mutakhir yang berlokasi di kawasan baru yang sedang berkembang, modern, serta berkelanjutan," terang Andrew.

Pelajar Indonesia berkesempatan masuk Monash University

CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menambahkan, dirinya menyambut baik kehadiran Monash Indonesia khususnya di lokasi BSD City yang dikenal sebagai rumah bagi institusi pendidikan paling terkemuka.

"Terlebih, kami merasa terhormat dan mendukung Monash University sebagai universitas asing pertama di Indonesia yang tentunya semakin memungkinkan pelajar-pelajar Indonesia untuk mengakses pendidikan kelas dunia," tutup Michael.

Sekedar informasi saja, Monash Indonesia merupakan universitas internasional pertama yang akan berdiri di Indonesia, sebuah bentuk bukti hubungan baik antara Australia dan Indonesia.

Baik pemerintah bagian Victoria, Australia dan Indonesia sepenuhnya mendukung pendirian kampus Monash Indonesia untuk meningkatkan kontribusi mutual yang kuat dan istimewa bagi kedua negara.

Baca juga: Jatuh Bangun Guru Madrasah Mengajar Siswa Daerah 3T

Perekrutan akademisi dan sejumlah staf untuk Monash Indonesia akan segera dimulai dan perkuliahan untuk program master rencananya akan mulai berlangsung pada Oktober 2021. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampus Indonesia Universitas Monash, silakan kunjungi http://monash.edu/indonesia-campus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com