Ragam Prestasi dan Inovasi Mahasiswa Indonesia di Tengah Pandemi

Kompas.com - 02/12/2020, 16:16 WIB
Ilustrasi mahasiswa Dok. PixabayIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Meski pandemi Covid-19 menghambat sejumlah aktivitas, namun mahasiswa Indonesia tetap mampu mengukir sejumlah prestasi dan inovasi di tengah keterbatasan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut, dalam waktu sebulan ini mahasiswa Indonesia terus meraih banyak prestasi di tengah pandemi Covid-19.

Tidak hanya prestasi, mahasiswa Indonesia juga banyak melakukan pengembangan dan penelitian guna menciptakan inovasi yang dapat membantu masyarakat dan memajukan Indonesia.

"Walaupun saat ini masih di tengah pandemi Covid-19, semoga #InsanDikti tetap semangat dalam berkarya dan membanggakan nama Indonesia," tulis akun Instagram Ditjen Dikti, Rabu (2/12/2020).

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

Berikut prestasi & inovasi membanggakan yang di raih Mahasiswa Indonesia selama bulan November di ajang nasional dan internasional:

1. Juara pertama lomba desain inovasi Kapal Kesehatan 2020

Rancangan Kapal Ambulans Waras-19 Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berhasil meraih juara pertama sebagai rangkaian dari Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020.

Kapal ini merupakan transportasi jalur laut untuk penanganan dan pemindahan pasien Covid-19 dari pulau yang fasilitas kesehatannya kurang kurang memadai ke pulau yang memiliki fasilitas kesehatan memadai.

Baca juga: Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

Selain itu, FTUI juga meraih juara kedua Kapal Rumah Sakit Terapung dalam penanganan Covid-19 pada daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

2. Penghargaan Tertinggi Tingkat Dunia di Huawei ICT Competition 2020

Pada ajang ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih juara pertama sekaligus mewakili Indonesia menjadi juara untuk regional Asia Pasific dalam kategori Networl & Cloud.

Kompetisi ini merupakan lomba di bidang ICT berupa pemecahan masalah, konfigurasi, dan implementasi solusinya di perangkat jaringan Huawei seperti router, switch, firewall dan access point.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X