Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

464.415 Mahasiswa PTKI Segera Terima Kuota Internet 50 GB

Kompas.com - 02/12/2020, 14:34 WIB
Dian Ihsan,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 464.415 mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang sudah diverifikasi dan divalidasi akan menerima penyaluran kuota internet gratis sebesar 50 GB. Bantuan ini demi mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dijalankan oleh mahasiswa.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag, Suyitno mengatakan, pemberian itu berdasarkan nomor ponsel 464.415 mahasiswa yang aktif.

Baca juga: 7,63 Juta Siswa Madrasah akan Peroleh Kuota Internet Gratis

Penyaluran kuota internet gratis saat ini merupakan tahap pertama, setelah itu akan ada tahap berikutnya.

"Insya Allah, mulai besok, kuota internet 50 GB sudah mulai disalurkan kepada 464.415 mahasiswa PTKI yang sudah terverifikasi dan validasi," ucap Suyitno melansir laman Kemenag, Rabu (2/12/2020).

Dia menyebutkan, kuota internet sebanyak 50 GB, terdiri dari kuota umum sebanyak 5 GB dan 45 GB kuota belajar.

Menurut dia, kuota internet yang diberikan kepada mahasiswa PTKI yang terdaftar pada aplikasi pangkalan data Ditjen Pendidikan Islam.

Mereka juga masih berstatus aktif sebagai mahasiswa PTKI dan memiliki nomor ponsel yang aktif.

"Hari ini kami sedang melakukan proses verifikasi dan validasi tahap kedua. Target penyalurannya pada 11-12 Desember mendatang," jelas dia.

Suyitno menambahkan, jumlah mahasiswa PTKI yang tercatat pada pangkalan data Diktis mencapai 1.117.786. Data ini yang diverifikasi dan validasi untuk memastikan mereka masih berstatus sebagai mahasiswa aktif sekaligus memiliki nomor ponsel yang aktif juga.

Bagi mereka yang belum memiliki nomor ponsel aktif, lanjut dia, dapat mengajukan permohonan nomor perdana kepada pihak kampus. Dengan begitu memperoleh kuota internet gratis yang dibagikan pemerintah lewat Kemenag.

Data pengajuan kuota internet

Setidaknya ada lima provider yang diamanatkan untuk menyalurkan paket kuota internet mahasiswa PTKI. Adapun datanya sebagai berikut:

  1. Provider Indosat menyalurkan kuota internet kepada 79.176 mahasiswa.
  2. Provider Smartfren menyalurkan kuota internet kepada 14.684 mahasiswa.
  3. Provider Telkomsel menyalurkan kuota internet kepada 257.091 mahasiswa.
  4. Provider Tri menyalurkan kuota internet kepada 49.004 mahasiswa.
  5. Provider XL Axiata menyalurkan kuota internet kepada 64.460 mahasiwa.

Sekedar informasi, Kemenag juga mulai menyalurkan bantuan paket kuota internet gratis untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa RA dan madrasah.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, Ahmad Umar mengatakan, provider mulai mengirimkan bantuan kuota internet kepada siswa madrasah/RA. Pembagian di mulai hari ini, dan sistemnya akan dilakukan secara bertahap.

"Total ada 7.635.376 siswa yang dibagikan sebesar 35 GB kepada siswa MI, MTs, dan MA, serta 20GB bagi siswa RA, secara bertahap akan disalurkan," ujar Umar.

Baca juga: 542.901 Guru Honorer Madrasah Dapat Subsidi Gaji Rp 1,8 Juta

Pemberian paket data internet, kata dia, demi menyukseskan PJJ. Maka dari itu, setiap nomor siswa madrasah/RA akan memperoleh bantuan kuota internet dari pemerintah lewat Kemenag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com