464.415 Mahasiswa PTKI Segera Terima Kuota Internet 50 GB

Kompas.com - 02/12/2020, 14:34 WIB
Mahasiswa IAIN Salatiga usai membuat hand sanitizer dan membagikan ke rekan-rekannya. KOMPAS.com/ISTMahasiswa IAIN Salatiga usai membuat hand sanitizer dan membagikan ke rekan-rekannya.
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Sebanyak 464.415 mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ( PTKI) yang sudah diverifikasi dan divalidasi akan menerima penyaluran kuota internet gratis sebesar 50 GB. Bantuan ini demi mendukung pembelajaran jarak jauh ( PJJ) yang dijalankan oleh mahasiswa.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag, Suyitno mengatakan, pemberian itu berdasarkan nomor ponsel 464.415 mahasiswa yang aktif.

Baca juga: 7,63 Juta Siswa Madrasah akan Peroleh Kuota Internet Gratis

Penyaluran kuota internet gratis saat ini merupakan tahap pertama, setelah itu akan ada tahap berikutnya.

"Insya Allah, mulai besok, kuota internet 50 GB sudah mulai disalurkan kepada 464.415 mahasiswa PTKI yang sudah terverifikasi dan validasi," ucap Suyitno melansir laman Kemenag, Rabu (2/12/2020).

Dia menyebutkan, kuota internet sebanyak 50 GB, terdiri dari kuota umum sebanyak 5 GB dan 45 GB kuota belajar.

Menurut dia, kuota internet yang diberikan kepada mahasiswa PTKI yang terdaftar pada aplikasi pangkalan data Ditjen Pendidikan Islam.

Mereka juga masih berstatus aktif sebagai mahasiswa PTKI dan memiliki nomor ponsel yang aktif.

"Hari ini kami sedang melakukan proses verifikasi dan validasi tahap kedua. Target penyalurannya pada 11-12 Desember mendatang," jelas dia.

Suyitno menambahkan, jumlah mahasiswa PTKI yang tercatat pada pangkalan data Diktis mencapai 1.117.786. Data ini yang diverifikasi dan validasi untuk memastikan mereka masih berstatus sebagai mahasiswa aktif sekaligus memiliki nomor ponsel yang aktif juga.

Bagi mereka yang belum memiliki nomor ponsel aktif, lanjut dia, dapat mengajukan permohonan nomor perdana kepada pihak kampus. Dengan begitu memperoleh kuota internet gratis yang dibagikan pemerintah lewat Kemenag.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X