Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Politeknik Negeri Bali Kurangi Tingkat Pengangguran Mahasiswa

Kompas.com - 01/11/2020, 23:29 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Demi mengurangi tingkat pengangguran lulusan mahasiswa terutama di kondisi pandemi Covid-19, Politeknik Negeri Bali (PNB) akan terus menjalin kerjasama dengan beberapa stakeholders, seperti Hotel Kempinski hingga Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

Direktur PNB, I Nyoman Abadi mengatakan, dengan membuka kelas kerjasama perusahaan, maka menjadi kunci dalam mengantisipasi pengangguran dari lulusan mahasiswa PNB. Hal ini juga mempercepat penyerapan lulusan di dunia kerja.

Baca juga: Politeknik Kutaraja Raih Peringkat 90 Kinerja Kemahasiswaan

"Kini PNB terus jalin kerjasama dengan Hotel Kempinski, PLN, Pemprov Bali, Kementerian ESDM, Hotel St Regis, dan IKPI. Kita lakukan agar tidak terjadi banyak pengangguran dari lulusan kami," ucap dia melansir laman PNB, Minggu (1/11/2020).

Dia menyebutkan, pada tahun akademik 2019/2020 saja, ada sebanyak 1.426 mahasiswa yang melakukan wisuda. Proses wisuda yang dilakukan secara daring maupun luring, akibar pandemi Covid-19.

Dari total 1.426 mahasiswa yang menjalankan wisuda, sebanyak 73 orang dari Teknik Sipil, sebanyak 107 orang dari Manajemen Proyek Konstruksi, sebanyak 105 orang dari Teknik Mesin, sebanyak 66 orang dari Teknik Pendingin dan Tata Udara, sebanyak 100 orang dari Teknik Listrik, sebanyak 74 orang dari manajemen informatik, dan sebanyak 134 orang dari Akuntansi.

"Lalu sebanyak 160 orang dari Akuntansi Manajerial, sebanyak 140 orang dari Administrasi Niaga, 134 orang dari Manajemen Bisnis Internasional, 58 orang dari Usaha Perjalanan Wisata, 157 orang dari Perhotelan, 107 orang dari Manajemen Bisnis Pariwisata, dan 11 orang dari RPL Pariwisata," ungkap dia.

Adapun langkah lainnya, kata dia, PNB juga menguatkan program link and match yang kini tengah didorong oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, lewat Direktorat Perguruan Tinggi Vokasi dan Profesi, serta Direktorat Mitras Dudi.

Lewat dua direktorat ini, banyak hibah kompetitif diperoleh PNB. Setidaknya ada 5 hibah unggulan didapatkan, seperti hibah; Program Peningkatan Perguruan Tinggi Vokasi (P3TV) Jurusan Pariwisata dan Jurusan Administrasi Niaga, Program Penguatan Kemitraan dengan UMKM, Program Penguatan Bursa Kerja Khusus, dan Program Kampus Pendamping Kemitraan antara Satuan Pendidikan Vokasi dengan Mitras Dudi dengan total nilai hampir Rp 3 miliar.

Baca juga: Politala Jaring Lulusan Terbaik dari Pesantren

"Kami secara intensif mengembangkan kemitraan dengan Mitras Dudi, termasuk kerjasama dengan pemerintah daerah, provinsi/kabupaten/kota se-Bali, baik dari segi jumlah maupun kualitas kemitraan, sehingga kompetensi lulusan PNB menjadi idaman Mitras Dudi," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com