Pandemi, Mahasiswa Poltekba Jalani Wisuda "Drive Thru"

Kompas.com - 01/11/2020, 19:06 WIB
Wisuda Poltekba Tahun Akademik 2019/2020 DOK. PoltekbaWisuda Poltekba Tahun Akademik 2019/2020

KOMPAS.com - Sebanyak 312 mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan ( Poltekba) menjalankan proses wisuda dengan cara drive thru, karena masih dalam pandemi Covid-19. Wisuda kali ini merupakan angkatan XVI untuk tahun akademik 2019/2020.

"Wisuda kali ini menggunakan drive thru dan ada juga lewat aplikasi online lewat Zoom. Dilakukan pada 26-27 Oktober 2020 lalu," ucap Direktur Poltekba Ramli melansir laman Poltekba, Minggu (1/11/2020).

Baca juga: 1.888 Mahasiswa Polsri Wisuda Drive Thru

Ramli mengatakan, pada acara pembukaan wisuda dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang menyampaikan sambutan dengan memberikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studinya dengan baik.

"Bapak Wali Kota berharap, semua yang wisuda kelak dapat menjadi tenaga kerja ahli di beberapa proyek pembangunan di kota Balikpapan seperti proyek perluasan kilang Pertamina dan proyek Ibu Kota Negara (IKN) yang baru dan kelak dapat menjadi pemimpin di negara Indonesia khususnya di Kalimantan," jelas dia.

Pada saat pelaksanaan wisuda hadir pula Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto yang memberikan orasi ilmiah kepada wisudawan dan wisudawati.

Wikan berharap agar para wisudawan dan wisudawati akan terus menjelma menjadi pemimpin-pemimpin besar Negara Indonesia di masa depan.

"Khususnya, Poltekba dapat terus membuat terobosan dengan link and super match yang merupakan kebijakan pendidikan tinggi vokasi," jelas Wikan.

Ramli melanjutkan, sebanyak 312 mahasiswa yang melaksanakan wisuda terdiri dari 5 Jurusan, yaitu Teknik Mesin Prodi Alat Berat sebanyak 50 orang, Teknik Sipil Prodi Teknik Sipil sebanyak 60 orang, dan Teknik Elektro Prodi Teknik Elektronika sebanyak 73 orang.

Kemudian datang dari Perhotelan Prodi Tata Boga sebanyak 55 orang, Divisi Kamar 11 orang, dan Akuntansi Prodi Perbankan dan Keuangan sebanyak 63 orang.

Ramli menyebutkan, adapun lulusan terbaik pada tahun 2020 ini dengan predikat IPK tertinggi yaitu diraih oleh Prodi Perbankan dan Keuangan Jurusan Akuntansi atas nama Ira Handayani dengan nilai 4,00.

Nilai tertinggi kedua diraih oleh Ardini Rera dari Prodi Tata Boga dengan nilai 3,92, dan tertinggi ketiga diraih oleh Prodi Teknik Elektro atas nama Nur Anas Satria dengan nilai 3,83.

"Nilai tertinggi keempat dari Prodi Divisi Kamar atas nama Nurhafikah dengan nillai 3,75. kelima diraih oleh Prodi Teknik Sipil dengan nilai 3,71 atas nama Shafira Indah Chairunnisa, dan tertinggi keenam dari Prodi Alat Berat yaitu Septian Hanun Purwaru dengan nilai 3,52," ucap Ramli.

Dia menambahkan, bangsa Indonesia telah menunggu karya-karya inovatif dari para wisudawan dan wisudawati Poltekba untuk bangkit menjadi bangsa yang besar, sehigga dalam segala aktivitas di masyarakat jangan pernah lupa untuk selalu mengedepankan akhlak dan budi pekerti yang mulia dalam diri pribadi serta lingkungan aktivitas dan pekerjaan.

Baca juga: Pandemi Covid-19, 200 Mahasiswa Poliwangi Jalani Wisuda Drive Thru

"Selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati Politeknik Negeri Balikpapan Angkatan XVI Tahun Akademik 2019/2020," pungkas Ramli.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X