Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: Program SIC Bekali Lulusan SMA dan SMK di Industri 4.0

Kompas.com - 05/10/2020, 22:29 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wikan Sakarinto mengharapkan program Samsung Innovation Campus (SIC) yang memberikan pelatihan coding dan programming di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia bisa mempersiapkan lulusan yang terbaik dalam menghadapi industri 4.0.

Baca juga: Dzikru Rahman, Anak Pengemudi Gojek Peroleh Beasiswa di PNJ

"Kami harap program pembelajaran Samsung bisa menjadi pembekalan bagi para lulusan untuk menghadapi era industri 4.0 karena sangat penting untuk pendidikan bisa bersinergi selaras dengan link and match dengan dunia industri," kata Wikan dalam acara SIC Project Competition 2020, Senin (5/10/2020).

Wikan mengaku, adopsi teknologi pada revolusi industri 4.0 merupakan tantangan tersendiri, salah satunya berimplikasi adanya disrupsi teknologi dalam berbagai lini.

Lulusan SMA dan SMK harus dipersiapkan dan dibekali dengan materi pembelajaran yang tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan dasar, tetapi juga berorientasi pada kebutuhan keterampilan di dunia kerja.

"Karena di masa depan nanti akan lebih banyak kompetensi baru yang lahir, tuntutan skill baru, pekerjaan baru yang mungkin saat ini belum bisa kita bayangkan," jelas Wikan.

Kontribusi industri berperan di dunia pendidikan

Tak hanya lingkungan pendidikan, bilang dia, kontribusi perusahaan dan industri pun sangat berperan besar dalam hal ini. Karenanya, dia mengapresiasi apa yang telah dilakukan Samsung untuk mendukung dunia pendidikan Indonesia.

"Ke depan kami berharap kerja sama ini bisa lebih dalam lagi melibatkan industri dari hulu sampai ke hilir dalam ekosistem penyelenggaraan SMK," kata Wikan Sakarinto.

Sementara itu, Direktur Manajemen R&D Samsung R&D Indonesia, Risman Adnan menyampaikan, tantangan era Industri 4.0 akan sulit untuk dihadapi para lulusan SMA dan SMK, tanpa dibekali pendidikan yang membentuk keahlian.

Oleh sebab itu, kata Risman, SIC menaruh perhatian besar pada peningkatan kualitas pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan di era tersebut.

SIC merupakan sebuah program global yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan sekaligus kemampuan beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi.

Baca juga: Ditjen Pendidikan Vokasi Tingkatkan Kualitas LKP

"Program ini merupakan program berkelanjutan, ke depannya Samsung menargetkan untuk bermitra dengan lebih banyak lagi sekolah di Indonesia," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com