Dzikru Rahman, Anak Pengemudi Gojek Peroleh Beasiswa di PNJ

Kompas.com - 04/10/2020, 21:02 WIB
Dzikru Rahman, anak mitra pengemudi Gojek Indonesia terima beasiswa kuliah di Polikteknik Negeri Jakarta (PNJ). DOK. Instagram Pribadi Dzikru RahmanDzikru Rahman, anak mitra pengemudi Gojek Indonesia terima beasiswa kuliah di Polikteknik Negeri Jakarta (PNJ).

KOMPAS.com - Dzikru Rahman, anak mitra pengemudi Gojek Indonesia menjadi salah satu dari 10 penerima beasiswa yang berhak menimba ilmu pendidikan di Polikteknik Negeri Jakarta ( PNJ).

Beasiswa itu diperoleh Dzikru, setelah melewati tes wawancara dan beberapa proses seleksi.

Sang ayah Dzikru Rahman, Sugito menjelaskan, bukan tanpa sebab mendaftarkan anaknya untuk memperoleh beasiswa. Karena, Dzikru pandai mengutak-atik mesin motor, hingga akhirnya sang anak diterima kuliah di jenjang D3 jurusan Teknik Mesin PNJ.

Baca juga: Covid-19 Meningkat, Polnes Berlakukan Kembali Kuliah Online

Sugito pun bersyukur dan tidak menyangka kalau anaknya dapat lolos untuk memperoleh beasiswa di PNJ lewat program beasiswa dari tempat kerjanya.

"Dulu awal-awal saya punya motor yang masih karburator, dan pas saya bongkar-bongkar dia ikut bantu, ganti oli juga. Jadi, saya sudah lihat minatnya. Ya, mungkin ini jalurnya dia," ucap Sugito melansir laman Vokasi Kemdikbud, Minggu (4/10/2020).

Dia berharap, Dzikru mampu dan tekun mengikuti perkuliahan sampai selesai hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, harapan terbesarnya kepada sang anak agar bisa berkontribusi pada minatnya dan bisa bermanfaat di bidang tersebut.

Berawal dari suka otomotif

Dzikru mengaku, awal mula dirinya tertarik dengan mesin, karena semua temannya banyak yang membicarakan otomotif dan mesin saat berkumpul bersama-sama. Lalu, ada satu temannya juga yang sudah kuliah terlebih dulu di jurusan Teknik Mesin PNJ.

"Kalau bertemu dia sering sharing tentang permesinan. Jadi, saya semakin menyukai bidang itu, dan mungkin sudah menjadi passion saya," celoteh Dzikru.

Selain itu, Dzikru yang juga mulai tertarik dengan mobil listrik, dikarenakan kekhawatirannya mengenai sumber daya bahan bakar minyak bumi yang semakin lama semakin menipis.

Terlebih, dirinya kagum saat melihat berita mengenai inovasi mobil listrik yang diapresiasi langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kini, melalui pembelajarannya di politeknik ini, Dzikru bertekad untuk dapat membuat mobil listrik sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X