Hampir 200 Ribu Siswa SMK Memperebutkan Kuota Ujian TOEIC

Kompas.com - 05/10/2020, 14:26 WIB
Pengumuman bagi siswa SMK yang berhak mengikuti ujian TOEIC dari Direktorat SMK Kemendikbud. DOK. PSMK KemdikbudPengumuman bagi siswa SMK yang berhak mengikuti ujian TOEIC dari Direktorat SMK Kemendikbud.

KOMPAS.com - Sebanyak 191.127 siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) berlomba memperebutkan kuota bantuan ujian TOEIC dari Direktorat SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Kuota yang diberikan yakni sebanyak 75 ribu siswa SMK terbaik di Indonesia pada tahun 2020.

Melansir laman psmk. kemendikbud.go.id, Senin (5/10/2020) menyebutkan pelaksanaan ini masuk dalam program SMK English Challenge 2020. Tujuannya, memfasilitasi sertifikasi internasional kemampuan bahasa inggris dengan TOEIC bagi siswa SMK.

Baca juga: Dibuka Besok, Ini Perbedaan Dua Jenis Beasiswa LPDP 2020

Tahap pendaftaran dan seleksi calon penerima bantuan ujian TOEIC bagi siswa SMK telah ditutup per tanggal 30 September 2020.

Sebanyak 191.127 siswa SMK mendaftar, dari 1.749 sekolah SMK mendaftar dalam proses seleksi ujian Vocational Institutional English Readiness Assessment (VIERA).

Antusiasme dari SMK di Indonesia untuk berpartisipasi pada program ini sangat tinggi, terlepas dari adanya kondisi krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Data hasil ujian VIERA bisa diunduh lewat "Portal Guru" mulai tanggal 3 Oktober 2020, pukul 12.00 WIB.

Bagi para siswa terpilih untuk melakukan ujian TOEIC akan diberikan akses untuk mengunduh buku digital "TOEIC Preparation Guide Book" yang sangat berguna untuk membantu para siswa dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian TOEIC.

Disamping buku digital, tersedia juga 8 sesi pembelajaran melalui video conference (webex) dan live streaming via Youtube untuk membantu siswa dalam melakukan persiapan menghadapi ujian TOEIC.

Adapun jadwal sesi pembelajaran melalui video conference dapat dilaksanakan mulai tanggal 7-28 Oktober 2020. Tanggal 7 Oktober 2020 akan akan berlangsung agenda Bimtek Guru Bahasa Inggris.

Kemudian per 13 Oktober 2020, akan dilakukan pembelajaran sesi 1 oleh siswa atau peserta TOEIC.

Baca juga: Jangan Lupa Besok Pembukaan Beasiswa LPDP, Ini Cara Pendaftarannya

Adapun tanggal 15, 19, 20, 22, 26, 27, dan 28 Oktober 2020 akan berlangsung pembelajaran sesi 2 hingga pembelajaran sesi 8. Pembelajaran ini akan diikuti oleh peserta TOEIC.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X