Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Anak Gemar Matematika? Kenalkan Konsep, Tak Sekadar Rumus

Kompas.com - 05/09/2020, 21:05 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Di era teknologi yang semakin maju, artificial intelligence (AI) yang semakin berkembang, membuat sejumlah pekerjaan yang tadinya dikerjakan oleh manusia kini mulai tergantikan oleh mesin.

Salah satu contoh kecil ialah aplikasi bertema smart camera calculator. Melalui aplikasi tersebut, soal-soal aritmatika dasar, persamaan kuadrat dan perhitungan kompleks lainnya bisa diselesaikan.

Bahkan, mampu memberikan sejumlah alternatif rumus untuk mengerjakannya. Sekali potret soal, jawaban langsung didapat.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Mohon Kembali ke Tanah Air, Negara Membutuhkan Anda

Pertanyaannya, saat hampir semua kalkulasi bisa dilakukan oleh mesin, apakah anak masih perlu pelajaran matematika?

Theja Kurniawan Kepala Sekolah SMA Santa Laurensia yang juga pernah menjadi guru dan staf ahli matematika mengatakan, matematika merupakan sebuah kendaraan untuk mengembangkan kompetensi intelektual seseorang.

"Bukan fokus pada matematika, matematika hanya tool," paparnya dalam webinar New Normal New Math yang digelar oleh Curious Math, Sabtu (5/9/2020).

Curious Math merupakan lembaga pembelajaran matematika yang tak hanya fokus pada soal dan rumus, namun membimbing anak memahami konsep-konsep matematika.

Pasalnya, jelas Theja, matematika bukanlah tentang rumus, melainkan sebuah konsep yang mengajarkan anak banyak hal untuk bisa memenuhi kompetensi yang dibutuhkan di era yang semakin maju.

Baca juga: Siswa SMP-SMA, Aplikasi Ini Gratiskan Video Pembelajaran IPA-Matematika

Di abad ke-21, lembaga pendidikan dunia bahkan menyebut 4C sebagai skill atau kemampuan yang perlu dimiliki anak-anak agar bisa bersaing yaitu critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), creativity (kreativitas), communication skills (kemampuan berkomunikasi), dan collaboration (kemampuan untuk bekerja sama).

"Tidak ada calculation. Calculation akan digantikan dengan AI," terang Theja.

New Normal, New Math

Seminar New Normal, New MathDOK. CURIOUS MATH Seminar New Normal, New Math

Kilpatrick, Swafford & Findell (Eds) 2001 menyebut, matematika yang dibutuhkan oleh anak-anak saat ini, tidaklah sama dengan matematika yang orangtuanya atau kakek neneknya pelajari.

Pendidikan zaman dahulu, lanjut Theja, dibuat mengikuti kebutuhan industri pada masa itu.

Itu mengapa sekolah dibangun seperti pabrik, karena revolusi industri membutuhkan orang dengan kemampuan yang sama atau standar.

Baca juga: UN 2020 Ditiadakan, Kenali Soal-soal Asesmen Pengganti UN Ini

Kini, anak-anak hidup di era di mana critical thinking sangat diperlukan. Sehingga matematika tidak bisa diajarkan hanya dalam bentuk kalkulasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com