Kompas.com - 04/09/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi anak belajar di kelas ThinkstockIlustrasi anak belajar di kelas

KOMPAS.com - Menguasai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seperti Fisika dan Kimia, termasuk juga pelajaran Matematika bisa jadi lebih menantang selama belajar dari rumah di masa pandemi.

Namun, semakin maksimalnya penggunaan teknologi, kesempatan untuk menuntut ilmu dari beragam aplikasi edukasi juga terbuka lebar.

AyoBlajar menjadi salah satu aplikasi pembelajaran yang kini fokus menyediakan konten pelajaran IPA dan Matematika untuk jenjang SMP dan SMA.

Melalui program #BlajarUntukBangsa, AyoBlajar menggratiskan akses video pembelajaran hingga 5 Oktober 2020.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Mohon Kembali ke Tanah Air, Negara Membutuhkan Anda

CEO sekaligus Co-Founder AyoBlajar Fariz Isnaini mengatakan, program #BlajarUntukBangsa bertujuan untuk membuka akses seluas-luasnya bagi siswa Indonesia guna meningkatkan kualitas pendidikan.

"Membuka akses pendidikan seluas-luasnya untuk siswa Indonesia, Rp 0 bisa akses materi belajar," paparnya dalam konferensi video peluncuran AyoBlajar, Jumat (4/9/2020).

Melalui AyoBlajar, siswa dapat mengakses video pembelajaran gratis, mengikuti live classes yang dipandu langsung oleh tutor, mengulang meteri sekolah melalui soal-soal. Bahkan, siswa juga bisa mendaftar untuk mengikuti kelas privat (one on one mentoring).

Untuk memberikan pembelajaran terbaik, AyoBlajar juga mengundang tutor-tutor Indonesia untuk bergabung.

Baca juga: Cek Daftar Kampus Swasta dan Prodi yang Terima KIP Kuliah

Namun, Fariz mengatakan tutor yang dibutuhkan tak sekadar paham akan materi, namun juga memiliki kemampuan untuk menyampaikan materi dengan cara yang jelas, interaktif, dan menyenangkan.

Tak hanya hadir bagi siswa, AyoBlajar juga membuka kerja sama dengan sekolah dalam menyediakan learning management system (LMS). Sehingga guru bisa mengakses silabus sekaligus menggelar online class di satu platform.

Fariz mengatakan, masalah Indonesia dari sisi edukasi, cukup banyak dan tidak bisa diatasi sendiri.

Untuk itu, AyoBlajar terbuka untuk berkolaborasi dan berupaya memaksimalkan konten bagi siswa.

Baca juga: Seperti Ini Cara dan Syarat Dapatkan Kartu Indonesia Pintar

"Semoga apa yang kita lakukan bisa jadi inspirasi bagi teman lain yang ingin berkontribusi di dunia pendidikan," imbuhnya.

Ke depannya, aplikasi pembelajaran ini juga akan memperkaya konten dan fitur, seperti menghadirkan mata pelajaran IPS, untuk bisa semakin meningkatkan kualitas pembelajaran siswa Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X