Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi X: Rumah Belajar Harus Dimaksimalkan untuk Memudahkan Siswa, Orangtua dan Guru

Kompas.com - 26/06/2020, 22:00 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyediaan Rumah Belajar bagi program pembelajaran jarak jauh (PJJ) diimbau terus dimaksimalkan agar para siswa, orangtua, dan guru mendapat akses kemudahan belajar dan mengajar.

Rumah Belajar ini disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara gratis di masa pandemi Covid-19.

Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang mengemukakan hal ini saat mengikuti rapat dengar pendapat umum Panja PJJ Komisi X DPR RI secara virtual dengan para pakar pendidikan (25/6/2020).

Baca juga: Komisi X: Kebijakan UKT Diharapkan Mampu Hapus Dikotomi PTN dan PTS

Rumah Belajar 

“Saya sepakat untuk memanfaatkan secara maksimal platform Rumah Belajar yang disiapkan free dengan memperkaya konten-konten yang sudah ada. Ini sudah mengurangi beban orangtua untuk menyediakan kuota internet,” ungkap Vanda

Di Rumah Belajar sudah tersedia konten dan modul bagi para siswa, guru, maupun orangtua. Siswa bisa belajar kapan, di mana, dan dengan siapa pun. Rumah Belajar bisa diakses di belajar.kemdikbud.go.id.

Sebelumnya, para siswa belajar melalui akses internet yang ternyata membuat para siswa bosan. Bagi para siswa kurang mampu, sulit mengikutinya karena harus menyediakan pulsa internet.

"Lebih baik lewat Rumah Belajar yang sudah disediakan Pemerintah. Saya sangat setuju Rumah Belajar ini lebih diefektifkan," ucap Vanda 

Strategi belajar

Komisi X sendiri kini sedang menghimpun masukan dari para pakar pendidikan untuk merumuskan strategi belajar yang efektif dan ideal di masa transisi menuju kondisi normal baru setelah tiga bulan menjalani program PJJ.

Rekomendasi Panja itu, kata politisi PDI Perjuangan ini, akan diberikan kepada Mendikbud. Diakui Vanda, selama ini sebagai orangtua, sebelum ada program Rumah Belajar, selalu mendampingi anak-anaknya belajar sampai larut malam dengan mencari berbagai referensi secara bebas di internet.

Dengan Rumah Belajar, semua yang dibutuhkan siswa ada, baik untuk siswa PAUD, SD, SMP, sampai SMA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com