Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisasi Penggerak Otomatis Menjadi Bagian Kampus Merdeka, Mahasiswa Bisa Ikut dan Dapat 20 SKS

Kompas.com - 12/03/2020, 12:11 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyebutkan mahasiswa bisa mendapatkan satuan kredit semester (SKS) minimal 20 sks dengan mengikuti program Organisasi Penggerak.

Menurutnya, Organisasi Penggerak yang lolos seleksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan secara otomatis menjadi bagian dari program Kampus Merdeka.

"Setiap Organisasi Penggerak akan menjadi secara otomatis salah satu program yang disetujui oleh Kemendikbud untuk menjadi 1-2 semester Kampus Merdeka. Jadi bagi mahasiswa-mahasiswa yang sedang mencari program 1-2 semester, sekarang semua Organisasi Penggerak yang terpilih masuk program ini untuk mengerjakan Sekolah Penggerak, boleh membuka programnya kepada mahasiswa dan akan mendapatkan full sks minimum 20 sks," kata Nadiem dalam siaran Youtube Kemendikbud.

Menurutnya, program Organisasi Penggerak akan menjadi salah satu peningkatan kapasitas kualitas pendidikan dengan sangat cepat dengan anak-anak muda terbaik di Indonesia.

 

Organisasi Penggerak nantinya akan menyeleksi mahasiswa yang ingin bergabung.

"Itu tak ada pemaksaan apapun. Terserah mereka (Organisasi Penggerak) memilih mahasiswanya. Tapi pada saat kemendikbud sudah menyetujui Organisasi Penggerak itu, semua mahasiswa di seluruh Indonesia itu boleh meluncurkan aplikasi," ujar Nadiem.

Baca juga: Apa itu Organisasi Penggerak? Ini Penjelasan Nadiem Makarim...

Bila mahasiswa diterima dan menjalani program Organisasi Penggerak selama 6 bulan - 1 tahun akan mendapat sks minimal 20 sks.

"Jadi ini merupakan suatu hal yang akan sangat menarik. tolong mahasiswa se-Indonesia, tolong tunggu pada saat Organisasi Penggeraknya sudah terpilih, kalau Anda punya passion dalam menggerakkan sistem pendidikan. Inilah kesempatannya. Jangan disia-siakan," kata Nadiem.

Ia mengimbau kepada Organisasi Penggerak untuk melibatkan mahasiswa-mahasiswa yang berminat untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

Organisasi Penggerak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com