Kompas.com - 12/03/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi Bendera Denmark DOK. PIXABAYIlustrasi Bendera Denmark

KOMPAS.com - Pemerintah Denmark secara resmi telah mengumumkan seluruh sekolah, universitas, dan fasilitas penitipan anak atau daycare akan ditutup dalam beberapa hari mendatang terkait penyebaran virus corona.

Konfirmasi ini disampaikan theliberal.ie (11/3/2020) setelah pemerintah Denmark mengkonfirmasi langkah-langkah tersebut dilakukan sebagai salah satu tindakan dalam penyebaran virus corona.

Selain menutup sekolah, universitas dan daycare, pemerintah Denmark juga akan meliburkan karyawan sektor publik untuk bidang-bidang tertentu yang dipandang tidak terlalu penting.

Bagaimana dengan sekolah dan universitas di Indonesia?

Baca juga: Cegah Virus Corona, Dokter Cilik Bisa Jadi Duta Kesehatan di Sekolah

Belum ada keputusan meliburkan

Plt. Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana, menyampaikan belum ada langkah untuk secara resmi meliburkan sekolah di Indonesia terkait wabah corona.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita tidak melakukan langkah-langkah perliburan," tegas Ade saat ditemui Kompas.com di Gedung Kemendikbud, Jakarta (10/3/2020).

Ade Erlangga mengimbau sekolah, guru siswa dan orangtuamelakukan langkah antisipasi dan pencegahan seperti yang telah disarankan melalui surat edaran Mendikbud No.3 tahun 2020.

"Kemendikbud sudah mengeluarkan surat edaran Mendikbud No.3 tahun 2020, intinya kita tidak boleh panik, lalu kemudian tetap waspada, tetap meng-attached pengetahuan untuk mencari ilmu, pengetahuan tentang jenis, karakteristik, dampak, cara lakukan pencegahan dan penanganan virus corona," jelasnya.

Bila anak didik atau guru mengalami batuk, lanjut Ade, sebaiknya istirahat di rumah. Terlebih bila melakukan perjalanan ke negara wabah, Ade mengimbau agar individu segera memeriksakan dirinya ke rumah sakit.

Ia juga menyarankan sekolah dan Dinas Pendidikan aktif melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan atau Kementerian kesehatan.

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X