Waktu Pengajuan Proposal Organisasi Penggerak Hingga 16 April 2020

Kompas.com - 11/03/2020, 17:14 WIB
Cara mengajarkan peduli lingkungan di SD Negeri Kulati, Wakatobi KOMPAS.com/Ellyvon PranitaCara mengajarkan peduli lingkungan di SD Negeri Kulati, Wakatobi

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan pengajuan proposal program Organisasi Penggerak akan dibuka 16 Maret hingga 16 April.

Calon Organisasi Penggerak bisa mengajukan proposal melalui halaman resmi sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id.

"Dari tanggal 16 Maret - 16 Mei, itulah waktu untuk mengajukan proposal dan evaluasi proposal," kata Nadiem seperti dikutip dari Youtube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Menurut Nadiem, Organisasi Penggerak ini akan disaring melalui proses sangat ketat. Adapun tim pemilihan dan penilai calon Organisasi Penggerak akan dilakukan oleh tim independen yang berasal dari luar Kemendikbud.

Adapun proses seleksi tersebut antara lain terdiri dari identifikasi kelayakan berupa tinjauan dokumen yang diajukan, evaluasi teknis dan keuangan oleh tim independen untuk menjamin tidak ada intervensi dari pihak dalam dan luar Kemendikbud, serta verifikasi dengan mengunjungi ke organisasi penggerak yang terpilih.

Baca juga: Lewat Program Organisasi Penggerak, Kemendikbud Ajak Ormas Bidang Pendidikan Terlibat

Pengumuman hasil verifikasi proposal akan dilakukan paling lambat 8 Juni 2020 melalui laman Organisasi Penggerak dan surat elektronik.

“Program Organisasi Penggerak adalah program pemberdayaan masyarakat yang melibatkan organisasi secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa,” terang Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Supriano dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Program ini, kata Supriano, melibatkan sejumlah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, terutama organisasi-organisasi yang sudah memiliki rekam jejak yang baik dalam implementasi program pelatihan guru dan kepala sekolah, dengan tujuan meningkatnya kemampuan profesional para pendidik dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Pelaksanaan Program Organisasi Penggerak pada tahap awal mencakup sekolah pada satuan pendidikan PAUD, SD, dan SMP yang berpartisipasi dalam proyek rintisan.

Program berlangsung di kabupaten/kota yang sudah diidentifikasi oleh Organisasi Penggerak dalam koordinasi Dinas Pendidikan dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan.

Dukungan yang diberikan oleh Kemendikbud berupa bantuan dana, pemantauan dan evaluasi dampak, serta integrasi program yang terbukti baik ke dalam program Kemendikbud.

Besar bantuan yang akan diterima bervariasi, tergantung pada hasil evaluasi terhadap kapasitas Organisasi Kemasyarakatan dan kualitas rencana program peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang akan dijalankan.

Organisasi Penggerak bagian dari Merdeka Belajar

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X