Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Pemerintah Tangani Corona, Kagama Bentuk Virtual Crisis Center

Kompas.com - 06/03/2020, 20:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) membentuk Virtual Crisis Center untuk membantu pemerintah dalam mengangani wabah virus corona atau COVID-19.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum KAGAMA, Gandjar Pranowo, saat beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin lalu.

Dalam pertemuan tersebut Ganjar juga mengajak ketua-ketua pengurus daerah (pengda) KAGAMA Provinsi dari seluruh Indonesia untuk menyampaikan program edukasi publik guna mencegah penyebaran virus corona.

“Kami juga sampaikan kepada Bapak Presiden, memohon untuk menggencarkan edukasi publik guna menangkal virus Corona, termasuk pusat informasi yang bisa menjadi tempat warga untuk bertanya dan melaporkan terkait virus corona,” tutur Ganjar seperti dikutip dari ugm.ac.id.

Baca juga: Akademisi UGM: Perilaku Hidup Sehat adalah Kunci Pencegahan Corona

Terkait program edukasi publik, Ganjar mengatakan program tersebut sejalan dengan arahan WHO dan Kemenkes RI, seperti gerakan cuci tangan, hidup sehat, olahraga, dan sebagainya.

Selain itu, KAGAMA juga mengajak semua elemen bangsa utk bersatu, bahu-membahu dalam menghadapi situasi seperti ini.

KAGAMA juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang, jangan panik, dan tidak mudah terpancing provokasi untuk melakukan tindakan yang justru merugikan kepentingan bersama.

"Saya yakin pemerintah serius, siap dan mampu menanggulangi wabah virus Corona. Syaratnya, kita secara bersama-sama juga harus membantu pemerintah," tegas Ganjar.

Ganjar menyebutkan pihaknya juga menyiapkan program jangka menengah. KAGAMA akan segera menyusun usulan policy brief dalam mitigasi dampak ekonomi dari wabah Corona.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com