6 Bidang Studi UGM Raih Predikat Terbaik di Indonesia Versi QS WUR by Subject 2020

Kompas.com - 06/03/2020, 19:13 WIB
- -

KOMPAS.com - Enam bidang studi Universitas Gadjah Mada ( UGM) mendapatkan predikat terbaik di Indonesia versi pemeringkatan QS World University by Subject 2020. Keenam bidang studi tersebut menempati peringkat satu di Indonesia adalah Arts & Humanities, Geography, Business & Management Studies, Development Studies, Law, serta Sociology.

Selain itu, UGM juga masuk ke dalam jajaran 100 besar dunia untuk bidang Development Studies, serta 200 besar pada bidang Agriculture & Forestry, Modern Languages, Geography, dan Sociology.

“Untuk development studies kita berada pada posisi 51-100 dunia. Di bidang-bidang lain juga kita banyak mengalami peningkatan,” ujar Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D seperti dikutip dari laman ugm.ac.id.

Pemeringkatan yang dilakukan oleh QS ini didasarkan pada empat kriteria utama, yaitu academic reputation, employer reputation, citations per paper, serta H-index.

Penilaian terhadap academic reputation diperoleh melalui survei yang dilakukan kepada akademisi di seluruh dunia. Sementara, employer reputation diperoleh melalui survei yang diikuti penerima kerja di berbagai sektor dan industri.

Sementara itu, citations per paper menghitung rata-rata jumlah sitasi yang diperoleh dalam tiap publikasi dan H-index merupakan indeks yang menghitung produktivitas dan dampak hasil publikasi dari para akademisi.

Dari 10 bidang yang telah mendapatkan penilaian pada tahun sebelumnya, sembilan di antaranya mengalami peningkatan yang signifikan. Pada bidang Engineering & Technology, misalnya, peringkat UGM naik dari 392 ke peringkat 355 dunia, sementara untuk bidang Social Sciences, peringkat UGM bergerak dari posisi 327 ke posisi 266 dunia.

Pada tahun ini, terdapat pula tujuh bidang yang baru mendapatkan penilaian di tahun 2020, yaitu Arts & Humanities, Biological Sciences, Chemical Engineering, Law, Modern Languages, Sociology, serta Development Studies yang langsung menduduki posisi 100 besar dunia.

“Bidang yang baru tahun ini mendapat penilaian tapi langsung bisa masuk 100 besar dan 200 besar, itu hasil yang cukup membanggakan,” ujar Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof. Dr. Indra Wijaya Kusuma, M.B.A.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X