12 Bidang Studi UI Masuk dalam Ranking QS WUR by Subject

Kompas.com - 06/03/2020, 17:47 WIB
Tugu Makara Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEANTugu Makara Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

KOMPAS.com - The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject tahun 2020 mengumumkan bahwa empat rumpun ilmu (broad subject area) Universitas Indonesia ( UI) berhasil masuk dalam jajaran pemeringkatan internasional.

Keempat rumpun ilmu tersebut adalah Social Sciences & Management (peringkat 203 dunia), Life Sciences & Medicine (peringkat 451-500 dunia), Arts & Humanities (peringkat 286 dunia) dan Engineering & Technology (peringkat 295 dunia).

Selain itu, terdapat pula 12 bidang studi di UI yang berhasil masuk dalam jajaran pemeringkatan dunia.

Capaian ini menunjukkan bahwa UI sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berhasil direkognisi dunia dan masuk dalam jajaran Perguruan Tinggi unggul di antara 1,368 institusi dari 83 negara.

Pada rumpun ilmu Social Sciences & Management, empat bidang studi di UI berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia, yaitu Accounting & Finance (peringkat 151-200 dunia), Politics & International Studies (peringkat 151-200 dunia), Economics & Econometrics (peringkat 351-400 dunia), dan Sociology (peringkat 251-300 dunia).

Baca juga: Tips Sukses di Dunia Kuliah dari Mahasiswa Berprestasi UI 2019

Pada rumpun ilmu Life Sciences & Medicine, bidang studi Kedokteran Fakultas Kedokteran UI memperoleh peringkat 251-300 dunia dan merupakan yang tertinggi di Indonesia.

Lebih lanjut, dua bidang studi pada rumpun ilmu Arts & Humanities berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia, yaitu Modern Languages (peringkat 101-150 dunia) dan Architecture/Built Environment (peringkat 151-200 dunia).

Pada rumpun ilmu Engineering & Technology, empat bidang studi berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia. Bidang studi Computer Science & Information Systems meraih peringkat 251-300 dunia, bidang studi Electrical & Electronic Engineering (peringkat 251-300 dunia) dan Mechanical, Aeronautical & Manufacturing Engineering (peringkat 351-400 dunia).

Bidang studi Chemical Engineering berhasil menduduki peringkat 351-400 dunia. Satu lagi dari pemeringkatan rumpun ilmu Natural Sciences, UI berhasil mencatatkan Bidang Studi Geography pada peringkat 151-200 dunia.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D menuturkan, “UI memiliki keunggulan dalam menyelenggarakan program pendidikan berbagai rumpun ilmu yang tidak dibatasi oleh sekat-sekat bidang ilmu. Kolaborasi berbagai ragam keilmuan yang tersedia di Kampus UI diharapkan dapat menghasilkan pengembangan ilmu, terobosan-terobosan invensi, dan berbagai inovasi kreatif yang bermanfaat bagi rakyat dan Bangsa Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X