Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Obat Herbal untuk Mengatasi Perut Buncit Menurut Guru Besar IPB

Kompas.com - 04/06/2022, 10:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengatasi perut buncit perlu diketahui, sebab masalah tersebut tidak bisa dianggap remeh.

Perut buncit dapat disebabkan oleh timbunan lemak berlebih yang bisa menjadi tanda seseorang mengalami kegemukan.

Jika dibiarkan dan tidak mengubah gaya hidup, kegemukan atau bahkan obesitas bisa memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti hipertensi, hiperlipidemia, kanker, diabetes, kelainan jantung, gangguan pernafasan, dan kelainan sendi pada penderita usia lanjut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meluruhkan timbunan lemak sehingga perut buncit dapat semakin mengecil, mulai dari mengurangi asupan berlemak, rutin olahraga, istirahat dan minum air putih yang cukup.

Selain itu, ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengecilkan perut buncit secara efektif.

Baca juga: Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Sakit Saat Bangun Tidur

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (29/5/2022), tim riset yang dipimpin oleh Prof. Dyah Iswantini Pradono berhasil menemukan obat herbal untuk mengatasi obesitas (perut buncit), yaitu kombinasi ekstrak asam gelugur dan rimpang kunci pepet.

"Bangsa kita (Indonesia) sudah sejak lama mengenal rimpang-rimpangan sebagai obat tradisional atau jamu. Kami (tim peneliti) menggunakan komoditas lokal sebagai wujud mengembangkan produk dalam negeri," kata Dyah, dilansir dari laman IPB melalui KOMPAS.com, Minggu (29/5/2022).

Berdasarkan hasil penelitiannya, Guru Besar Departemen Kimia Peneliti di Pusat Studi Biofarmaka Tropika IPB ini mengaku telah menemukan formula baru dari kombinasi ekstrak asam gelugur dan kunci pepet untuk mengatasi perut buncit.

Menurut laporannya, kombinasi kedua ekstrak tersebut berhasil menjadi dosis terbaik dalam menurunkan berat badan.

Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur, Cari Posisi yang Pas

Salah seorang tim Prof. Dyah, yakni Dr. Novriyandi Hanif menjelaskan, kunci pepet mengandung senyawa aktif kelompok kalkon flavokawain yang berpotensi sebagai antiobesitas.

Novriyandi mengatakan, kombinasi senyawa aktif pada kunci pepet (flavokawain) dan asam gelugur (HCA) akan menghasilkan efek antiobesitas yang luar biasa dan dapat meluruhkan lemak khususnya yang menumpuk di area perut.

Berdasarkan hasil uji toksisitas, Prof. Dyah mengklaim bahwa obat herbal untuk mengatasi perut buncit yang berbahan dasar asam gelugur dan kunci pepet tidak memiliki efek samping.

"Selain memiliki dampak dalam meluruhkan lemak berlebih, penggunaan produk ini sudah melalui uji toksisitas yang menunjukkan hasil tidak adanya efek samping," ujar Dyah.

Dosen IPB menuturkan, uji toksisitas adalah pengujian yang bertujuan untuk mendeteksi efek toksik pada produk yang sedang diuji.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Bau Mulut saat Berpuasa

Dengan begitu, batas keamanan dan penggunaan obat dapat ditentukan untuk memperoleh hasil terbaik tanpa menimbulkan masalah lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com