2 Obat Herbal untuk Mengatasi Perut Buncit Menurut Guru Besar IPB

Kompas.com - 04/06/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Cara mengatasi perut buncit perlu diketahui, sebab masalah tersebut tidak bisa dianggap remeh.

Perut buncit dapat disebabkan oleh timbunan lemak berlebih yang bisa menjadi tanda seseorang mengalami kegemukan.

Jika dibiarkan dan tidak mengubah gaya hidup, kegemukan atau bahkan obesitas bisa memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti hipertensi, hiperlipidemia, kanker, diabetes, kelainan jantung, gangguan pernafasan, dan kelainan sendi pada penderita usia lanjut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meluruhkan timbunan lemak sehingga perut buncit dapat semakin mengecil, mulai dari mengurangi asupan berlemak, rutin olahraga, istirahat dan minum air putih yang cukup.

Selain itu, ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengecilkan perut buncit secara efektif.

Baca juga: Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Sakit Saat Bangun Tidur

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (29/5/2022), tim riset yang dipimpin oleh Prof. Dyah Iswantini Pradono berhasil menemukan obat herbal untuk mengatasi obesitas (perut buncit), yaitu kombinasi ekstrak asam gelugur dan rimpang kunci pepet.

"Bangsa kita (Indonesia) sudah sejak lama mengenal rimpang-rimpangan sebagai obat tradisional atau jamu. Kami (tim peneliti) menggunakan komoditas lokal sebagai wujud mengembangkan produk dalam negeri," kata Dyah, dilansir dari laman IPB melalui KOMPAS.com, Minggu (29/5/2022).

Berdasarkan hasil penelitiannya, Guru Besar Departemen Kimia Peneliti di Pusat Studi Biofarmaka Tropika IPB ini mengaku telah menemukan formula baru dari kombinasi ekstrak asam gelugur dan kunci pepet untuk mengatasi perut buncit.

Menurut laporannya, kombinasi kedua ekstrak tersebut berhasil menjadi dosis terbaik dalam menurunkan berat badan.

Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur, Cari Posisi yang Pas

Salah seorang tim Prof. Dyah, yakni Dr. Novriyandi Hanif menjelaskan, kunci pepet mengandung senyawa aktif kelompok kalkon flavokawain yang berpotensi sebagai antiobesitas.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.