Cara Mengatasi Masalah Bau Mulut saat Berpuasa

Kompas.com - 03/04/2022, 09:45 WIB

KOMPAS.com - Bau mulut menjadi masalah umum yang dialami orang ketika menjalani ibadah puasa. Hal ini tentu dapat membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman.

Terlebih di musim pandemi Covid-19 seperti saat ini, masalah bau mulut saat puasa lebih rentan dialami. Pasalnya penggunaan masker ditambah puasa membuat seseorang memiliki risiko dobel terkena bau mulut.

Dilansir dari Gulf News, penyebab bau mulut saat puasa dipengaruhi kondisi mulut yang kering tanpa asupan air selama berpantang makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meski menjadi masalah yang banyak dialami, bukan berarti bau mulut saat puasa tidak dapat diatasi. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

Baca juga: 5 Tips Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa

1. Bersihkan mulut setelah sahur dan buka

Menjaga kebersihkan gigi adalah syarat utama untuk mencegah bau mulut saat puasa. Jangan lupu untuk menyikat gigi setelah makan sahur dan buka. Disarankan untuk menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi ber-flouride.

Tidak hanya sekadar menyikat gigi, membersihkan mulut berarti membersihkan mulut dari segala sisa makanan yang mungkin masih tersisa di sela-sela gigi.

Hal ini dikarenakan sikat gigi hanya membersihkan sekitar 60 persen dari permukaan gigi dan tidak bisa menjangkau sela-sela gigi dengan optimal.

Anda bisa menggunakan benang untuk membantu mengeluarkan bagian kecil dari makanan yang menyelip di antara gigi-gigi Anda. Hal ini karena sisa makanan ini lah yang bisa menyebabkan bau mulut.

Selain gigi, lidah dan gusi juga tidak boleh luput dari kebersihan mulut. Anda bisa membersihkan bagian putih pada permukaan lidah menggunakan pengerik atau alat lain. Pastikan Anda membersihkan bagian putih yang menempel di permukaan atasnya.

Sementara untuk gusi, cukup gunakan alat yang lembut atau jari, setidaknya selama dua menit.

Bau mulut bisa diusir dengan cara rutin membersihkan lidah. Bau mulut bisa diusir dengan cara rutin membersihkan lidah.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.