Sambut Ramadhan, Ini 4 Tips Persiapan Tubuh Agar Fit Selama Puasa

Kompas.com - 02/04/2022, 18:12 WIB

KOMPAS.com – Memasuki bulan suci Ramadhan, umat Islam menjalankan ibadah puasa pada hari pertama hari ini.

Di samping persiapan batin, tubuh juga perlu dikondisikan agar sehat selama berpuasa satu bulan.  Apalagi puasa tahun ini masih dijalani dalam situasi pandemi Covid-19.

Persiapan fisik juga dibutuhkan agar tubuh kita dapat beradaptasi dengan pola makan dan tidur yang baru selama Ramadhan.

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan agar ibadah puasa Ramadhan berjalan lancar dan menyehatkan tubuh?

 

Baca juga: Selama Ramadhan, Makanan Kering Boleh Dibawa Masuk Masjidil Haram

1. Perbanyak minum air putih

Kebutuhan cairan per hari setiap orang berbeda-beda. Namun, secara rerata, orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas air berukuran 230 mililiter (ml) atau 2 liter per hari.

Menjelang puasa Ramadhan, Anda sebaiknya mulai rutin membiasakan minum air putih sebanyak volume tersebut agar hidrasi tubuh tetap terjaga.

Selain air putih, 20 persen asupan cairan tubuh juga bisa didapat dari makanan. Beberapa makanan yang dapat dipilih adalah semangka dan bayam yang memiliki kandungan air sebanyak 90 persen.

Kemudian, Anda perlu mengurangi minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.

Jenis minuman ini memiliki efek diuretik atau dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Dengan demikian, cairan dalam tubuh Anda dapat menghilang lebih cepat.

Baca juga: Ibu Hamil Boleh Puasa, Asalkan...

2. Biasakan mengonsumsi makanan sehat

Tubuh perlu dibiasakan mengonsumsi makanan sehat sebagai persiapan puasa. Dengan demikian, asupan nutrisi untuk tubuh akan tercukupi dan kesehatan ikut terjaga pula.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.