Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas, Bisa Merusak Rasa

Kompas.com - 02/04/2022, 10:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kulkas merupakan salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang paling penting. Hal itu karena kegunaannya yang beragam, mulai dari tempat penyimpanan, mendinginkan, hingga mengawetkan berbagai bahan makanan.

Meski menjadi tempat penyimpanan berbagai bahan makanan, ternyata ada beberapa jenis makanan tertentu yang disarankan tidak disimpan di kulkas. Sebab, suhu dingin di kulkas dapat merusak kualitas dan rasa makanan tersebut.

Seperti dilansir dari Bobvila, Selasa (29/3/2022), berikut ini adalah tujuh bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas.

Baca juga: Catat, 7 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

1. Melon dan semangka yang belum dikupas

Ada beberapa buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas, di antaranya adalah melon dan semangka. Namun, melon dan semangka yang tidak disarankan di simpan di dalam kulkas adalah yang masih dalam keadaan utuh atau belum terkupas.

Dilihat dari segi efisiensi, dengan ukurannya yang cukup besar, melon dan semangka banyak memakan ruang di kulkas.

Selain itu, menyimpan kedua buah ini dalam kulkas dapat menghentikan proses pematangannya, yang berarti kualitas rasanya menjadi menurun, dibandingkan dengan menyimpannya di suhu ruangan.

Suhu dingin pada kulkas juga mengurangi antioksidan sehat yang ditemukan dalam melon.

Ilustrasi melon kuning. Dok. Shutterstock/jiangdi Ilustrasi melon kuning.

2. Kentang mentah

Bahan makan yang tidak boleh disimpan di kulkas selanjutnya adalah kentang mentah. Suhu dingin di kulkas bisa mengubah karbohidrat kompleks bertepung dalam kentang mentah serta memberi kentang rasa manis dan rasa pahit saat dimasak.

Agar teksturnya tetap terjaga, lebih baik menyimpan kentang mentah di keranjang atau laci dengan ventilasi. Jangan lupa untuk menjauhkannya dari sinar matahari langsung.

Baca juga: Daftar Buah dan Sayuran yang Boleh dan Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

3. Madu

Menyimpan madu di kulkas berisiko menghilangkan kandungan manis alami dari madu. Sebab, saat didinginkan, madu bisa mengeras dan mengkristal.

Karena itu disarankan untuk menyimpan madu di suhu ruang. Namun jika telanjur menyimpan madu di dalam kulkas, Anda bisa mencairkannya kembali dengan menempatkan botol madu dalam panci berisi air panas, bukan mendidih, hingga kembali ke bentuk cairnya.

Ilustrasi madu. PIXABAY/EXPLORERBOB Ilustrasi madu.

4. Kopi

Selanjutnya, bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas adalah kopi. Kopi dalam kemasan terbuka akan mengalami kondensasi dalam suhu dingin kulkas, yang akhirnya menghilangkan rasanya.

Selain itu, kopi akan menyerap bau makanan lain yang didinginkan di dalam kulkas sehingga membuat terasa hambar. Sebaiknya, simpan kopi dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan di tempat gelap seperti dalam lemari.

5. Tomat

Seperti halnya melon dan semangka, suhu dingin di kulkas dapat menghentikan proses pematangan dan menumpulkan rasa tomat. Karena itu, menyimpan tomat di kulkas bisa membuatnya tidak segar. Tomat lebih baik disimpan di suhu ruang dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Jika Anda menanam tomat sendiri, potong sedikit pokok anggur saat memanen. Pohon anggur yang menempel membantu menjaga tomat tetap segar lebih lama dan memberikan rasa yang lebih baik.

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kulkas agar Tidak Jadi Sarang Kotoran

Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas. SHUTTERSTOCK/MAKESTORY STUDIO Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com