Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kali Seharusnya Bersihkan Tandon Air?

Kompas.com - 19/06/2022, 07:50 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Tandon air adalah fasilitas yang kerap dimiliki oleh masyarakat untuk menampung persediaan air.

Menjaga kebersihan tandon air di rumah sangat penting agar air yang digunakan di rumah terjaga dan tetap bersih.

Bahkan jika air tersebut hanya digunakan untuk menyiram taman atau mencuci mobil, tetap penting untuk menjaga tandon air tetap bersih dan terawat untuk memperpanjang umurnya.

Seiring berjalannya waktu, sedimen dan bahan organik dapat menumpuk di bagian bawah tandon air dapat merusak pompa air serta menurunkan kualitas air.

Menjaga tandon air tetap bersih dan terawat adalah langkah penting untuk memastikan Anda memiliki akses ke air berkualitas tinggi.

Seperti dikutip dari Smart Water, tidak ada baku mengenai seberapa sering Anda harus membersihkan tandon air. Namun semakin sering dibersihkan, maka akan semakin baik.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Tandon Air Diletakkan di Ketinggian

Sebagian ahli merekomendasikan agar tendon aiar Anda dibersihkan secara profesional setidaknya satu tahun sekali. Namun ada juga yang menyarankan agar pembersihan dilakukan setiap enam bulan sekali terutama bila dipergunakan untuk air minum.

Faktor kunci lain yang akan menentukan seberapa sering Anda perlu membersihkan tandon air adalah dari mana sumber airnya. Bila tandor air Anda berisi air yang telah disaring, maka kebersihan atap rumah sangat berpengaruh pada kualitas air.

Karena itu, atap rumah wajib dibersihkan secara rutin. Agar tandon air Anda dapat bersih dengan maksimal, sangat disarankan untuk menggunakan layanan pembersihan tandon air profesional.

Layanan pembersih profesional ini akan menggunakan pompa vakum berkinerja tinggi untuk menghilangkan lumpur dan endapan dari dasar tangki air Anda.

Baca juga: Seberapa Sering Anda Harus Membersihkan Tandon Air?

Meskipun harus mengeluarkan biaya lebih, namun menggunakan layanan profesional jauh lebih aman dan menghemat waktu ketimbang harus Anda bersihkan sendiri.

Sumber: Kompas.com (Penulis Masya Famely Ruhulessin | Editor Masya Famely Ruhulessin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com